Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorRekam Data Kependudukan Pelajar, Disdukcapil Kota Bogor Go To School

Rekam Data Kependudukan Pelajar, Disdukcapil Kota Bogor Go To School

Bogordaily.net – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor Go To School melakukan program perekaman KTP di dan dihadiri langsung oleh , Kamis 19 Mei 2022.

Perekaman data kependudukan ini untuk mempermudah para pelajar mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik () setelah berusia 17 tahun.

menyebut ketika anak sudah berusia 17 tahun mereka harus memperoleh hak-haknya segera mungkin.

Oleh sebab itu, Pemkot Bogor berupaya melakukan jemput bola karena pengurusan kartu atau dokumen kependudukan harus mudah dan cepat.

“Jemput bola dilaksanakan berkaca dari kebiasaan sebagian anak yang sudah berusia 17 tahun, namun tidak langsung membuat KTP. Sedangkan, ketika ada keperluan mereka baru sibuk mengurusi,” ungkap Bima Arya.

Bima juga meminta Disdukcapil Kota Bogor untuk mendatangi semua sekolah setingkat SMA untuk melakukan perekaman data kependudukan para pelajar.

“Saya minta di hari mereka ulang tahun, dia (pelajar) sudah punya KTP. Jadi dijemput bola, didatangi semuanya ke seluruh sekolah,” katanya.

“Jadi ini bagian pendidikan kewarganegaraan juga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bogor Sujatmiko Baliarto menyampaikan Disdukcapil Go To School merupakan arahan , dimana layanan di kantor yang sudah bagus untuk lebih diefektifkan melakukan jemput bola.

“Program ini kami targetkan menyasar sekolah setingkat SMA yang ada di seluruh Kota Bogor. Perkiraan total ada 200 sekolah. Dan hari ini disini saja ada 850 siswa. Siswa yang sudah usia 16 tahun kita sudah merekam, persiapan dari awal untuk memudahkan warga. Dan ini menjadi target kita secara masif, terus menerus, menyeluruh dan suistanable. Bukan sekedar masalah politik tetapi melayani warga,” imbuhnya.

Pihaknya juga bekerjasama dan berkolaborasi bersama KCD serta MKKS untuk mensukseskan program Disdukcapil Go To School.

Menurut mantan Camat Bogor Selatan ini, para pelajar tidak perlu repot-repot datang ke kantor Disdukcapil, bagi mereka yang sudah berusia 17 tahun langsung mendapatkan .

“Jadi yang sudah 17 tahun langsung dicetakan disini, langsung dapat. Kalau belum 17 tahun, nanti kita kerjasama dengan OSIS, kita kolektif untuk mengambilkannya. Yang jelas manfaatkan aplikasi Si Kancil Berlari, dengan online kita cetakan,” tutupnya.*

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here