Kisah Menyeramkan Hantu Wewe Gombel di Bukit Gombel

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 22 Jun 2022 14:04 WIB

Kisah Menyeramkan Hantu Wewe Gombel di Bukit Gombel, Kerap Minta Korban


 Hantu Wewe Gombel Kerap Muncul di Bukit Gombel Semarang. (hipwe/Bogordaily.net) Perbesar

Hantu Wewe Gombel Kerap Muncul di Bukit Gombel Semarang. (hipwe/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sudah menjadi rahasia umum jika Bukit Gombel di Semarang terkenal dengan cerita mistis menyeramkan. Salah satu yang populer adalah hantu wewe gombel.

Tanjakan Gombel merupakan jalur yang pasti dilewati ketika akan memasuki Kota Semarang dari jalur selatan. Sesuai namanya, kontur jalan ini berliku dan curam karena berada di perbukitan.

Namun banyak yang percaya tentang berbagai mitos menakutkan tentang bukit ini. Banyak masyarakat percaya, nama “gombel” pada bukit ini berasal dari makhluk halus bernama Wewe Gombel yang sering menculik anak kecil. Selain itu, ada pula yang percaya kalau di sini dulunya merupakan bekas pemakaman kuno.

Pada masa pemerintahan Kolonial Hindia Belanda, Bukit Gombel adalah kompleks pemakaman Tionghoa. Kemudian oleh pemerintah Hindia Belanda dibangunlah sebuah jalan yang membelah bukit tersebut. Pembangunan jalan ini mendapat perlawanan sengit oleh masyarakat Tionghoa karena dalam tradisi mereka memindahkan makam membutuhkan serangkaian ritual yang panjang.

Namun karena kekuatan pemerintah Hindia Belanda, akhirnya masyarakat Tionghoa hanya bisa mengalah dan menurut. Karena banyaknya jumlah makam tersebut, kemungkinan besar masih terdapat jasad-jasad yang belum dipindahkan dan masih terkubur di bawah aspal atau pemukiman di bawah bukit.

Di kawasan Bukit Gombel terdapat bangunan besar bekas Hotel Sky Garden yang sekarang kosong tak berpenghuni. Apalagi rimbunnya pepohonon menambah kesan angker bangunan tersebut.

Karena jalannya yang penuh tikungan, kawasan lereng Bukit Gombel sebenarnya merupakan daerah rawan kecelakaan. Jalanan itu penuh dengan tanjakan dan tikungan tajam. Namun masyarakat sekitar percaya bahwa kecelakaan yang terjadi di sana disebabkan hal-hal berbau mistis.

Penduduk setempat percaya bahwa ada Wewe Gombel (hantu perempuan) dan makhluk halus lainnya yang menunggu wilayah tersebut. Mereka menganggap bahwa segala musibah yang terjadi diakibatkan oleh kemarahan mereka.

Mengutip dari berbagai sumber, konon, tak sedikit pengemudi yang melintas tanjakan Gombel mengaku melihat hantu Wewe. Alhasil, kerap terjadi kecelakaan tunggal yang tak bisa dijelaskan penyebabnya.

Penampakannya pun bermacam-macam. Ada yang mengaku melihat perempuan mengenakan gaun rok panjang warna putih gading menabrakkan diri, menyeberang secara mendadak maupun melambaikan tangan di pinggir jalan menanjak itu.

Hantu Wewe Gombel dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. .

Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. Bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.***

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri