Kisah Mistis Malam 1 Suro, Larangan Keluar Rumah Hingga Menikah

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Kisah Misteri ยท 28 Jun 2022 16:00 WIB

Kisah Mistis Malam 1 Suro, Larangan Keluar Rumah Hingga Menikah


 Misteri yang Terjadi di Malam 1 Suro. (cnnindonesia/Bogordaily.net) Perbesar

Misteri yang Terjadi di Malam 1 Suro. (cnnindonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Malam 1 Suro atau malam 1 muharram diyakini sebagai malam yang sakral dan penuh dengan misteri. Banyak kisah sejarah yang melatarbelakangi dan terus dilakoni hingga sekarang dengan pelaksanaan sejumlah ritual-ritual di malam 1 suro.

Anggapan mistis pun sangat lekat dalam pelaksanaan ritual tersebut. Anggapan mistis pun sangat lekat dalam pelaksanaan ritual tersebut.

Sejarah Malam 1 Suro dalam pandangan sebagian masyarakat Jawa dianggap punya makna mistis dibanding hari-hari biasa.

Bagi penganut Kejawen (kepercayaan tradisional masyarakat jawa) malam 1 Suro dijadikan sebagai moment untuk menyucikan diri serta benda-benda yang diyakini sebagai pusaka.

Dalam budaya Jawa tidak diperbolehkan jika orang tua menikahkan anaknya di bulan Suro dan jika hal tersebut ditentang maka akan datang kepada sang keluarga banyak kesialan dan malapetaka yang harus ditanggung.

Beberapa orang mengatakan hal ini hanyalah mitos. Alasanya, jika masyarakat ada yang menggelar pesta pernikahan di malam Suro, hal ini dianggap menyaingi ritual keraton yang akan sepi pengunjung.

Tidak hanyak pesta pernikahan saja yang dilarang, pesta-pesta lain seperti sunatan dan aqiqahan juga tidak diperbolehkan. Sampai saat ini, mitos tersebut masih dipercaya oleh masyarakat Jawa.

Saat datang malam 1 suro, orang Jawa mempercayai lebih baik di rumah dan berdiam diri. sebab jika pergi keluar rumah, maka akan datang kesialan dan hal buruk. Tidak diperbolehkan untuk melakukan pindah rumah

Menurut Primbon Jawa, ada hari baik dan ada hari buruk. Sebagian orang-orang mempercayai untuk tidak melaksanakan pindah rumah pada saat malam 1 suro sebab dianggap bukan hari baik.

Orang-orang akan memilih sendiri untuk melakukan ritual saat malam 1 Suro. Beberapa orang di antaranya memilih untuk melakukan tapa bisu.

Mitos yang lebih menyeramkan adalah akan banyak makhluk halus yang gentayangan pada Malam 1 Suro.

Meski saat ini sudah tidak banyak yang mempercayai hal tersebut, akan tetapi masih ada beberapa kalangan yang meyakini bahwa di Malam 1 Suro, arwah para leluhur akan sambang ke rumah.

Itulah kisah malam 1 suro dan mitos-mitos yang penuh misteri dan sampai saat ini masih banyak orang yang meyakini adanya mitos tersebut.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Dibalut Masa Lalu yang Kelam, Tempat Ini Dijuluki Kota Para Penyihir

12 Agustus 2022 - 18:29 WIB

Oh Serem…! Kisah ‘Kampung Setan’ di Kawasan Wisata Curug Seribu, Terdengar Ramai Padahal Sepi

12 Agustus 2022 - 17:06 WIB

Misteri Pria Tanpa Kepala di Pulau Kematian Nusakambangan

12 Agustus 2022 - 15:50 WIB

Misteri Ojek Online Tersasar di Hutan Jati Gunungkidul, Terdengan Suara Rintihan

11 Agustus 2022 - 19:55 WIB

Hutan Jati Gunungkidul

Asal Usul Malam Jumat Kliwon

11 Agustus 2022 - 19:38 WIB

4 Mitos Angker Malam Jumat Kliwon, No 1 Paling Bikin Merinding

11 Agustus 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kisah Misteri