Asal Usul Genderuwo, Makhluk Gaib yang Menyamar Jadi Suami

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Kisah Misteri · 18 Jul 2022 13:51 WIB

Asal Usul Genderuwo, Makhluk Gaib yang Bisa Menyamar Jadi Suami


 Ilustrasi genderuwo. (yudibatang.com/Keepo.me/Bogordaily.net)  Perbesar

Ilustrasi genderuwo. (yudibatang.com/Keepo.me/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Genderuwo merupakan salah satu jenis hantu di Indonesia yang cukup menyeramkan. Hantu jenis ini konon kerap menyamar jadi manusia berwujud laki-laki. Lalu bagaimana sejarahnya sehingga sosok hantu ini dinamakan genderuwo? Dilansir Keepo.me, berikut asal usul genderuwo.

Nama genderuwo berasal dari bahasa Kawi, yakni gandharwa. Nama tersebut kemudian diadaptasi oleh masyarakat Jawa sehingga berubah menjadi nama yang sekarang ini sering didengar.

Mitos tentang genderuwo ini pertama kali berasal dari mitos kuno Persia yang mana pada waktu itu masyarakat Persia mengenal sesosok makhluk yang bernama gandarewa.

Dalam mitos kuno Persia tersebut, sosok gandarewa dikenal sebagai siluman air yang secara terus menerus memakan hal-hal yang baik dalam kepercayaan masyarakat Persia – sebelum akhirnya dapat dikalahkan oleh seorang pahlawan bernama Karesaspa.

Mitos dari Persia itu konon kemudian diadaptasi oleh masyarakat Hindu-Buddha. Sosok gandarewa milik masyarakat Hindu-Buddha di Indonesia ini dikenal merupakan sosok pria yang tinggal di khayangan.

Sama halnya dengan sifat para pria, genderuwo juga senang untuk menggoda perempuan. Akan tetapi, tentunya cara menggoda setan yang satu ini berbeda dengan manusia. Bahkan konon katanya, genderuwo dapat berubah wujud menjadi suami dari seorang wanita sehingga akhirnya dapat berhubungan badan dengan wanita tersebut.

Selain kemampuannya yang dapat menyamar menjadi pasangan dari sang wanita, genderuwo juga terkadang berubah menjadi wujud yang sangat mengerikan. Terutama ketika dirinya merasa terganggu dengan keberadaan manusia. Mereka akan menampakan sosok kecil berbulu yang dengan sekejap dapat tumbuh menjadi besar untuk menakuti manusia.

Menurut budaya Jawa, hantu genderuwo berasal dari arwah orang-orang yang meninggal secara tidak sempurna. Misalnya saja arwah dari orang mati karena bunuh diri, penguburan yang tidak baik, hingga karena kecelakaan atau pembunuhan yang mana membuat arwahnya belum mau menerima kematian.

Mitos yang beredar juga mengatakan kalau sifat dari genderuwo itu sama seperti manusia. Ada genderuwo yang sifatnya baik, ada pula genderuwo yang sifatnya jahat. Oleh karena itu, beberapa orang bahkan bisa berteman dengan hantu yang satu ini.

Baik atau jahatnya genderuwo biasanya bergantung pada sikap manusia itu sendiri. Jika manusianya gemar mengusik dan mengganggu, maka genderuwo jahatlah yang akan muncul. Begitu pula sebaliknya.***

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 800 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Bucin Setengah Mati! Ini Ciri-ciri Orang Kena Pelet Semar Mesem

29 September 2022 - 12:29 WIB

Kisah Mistis Situ Gintung, Buaya Putih Meminta Tumbal

28 September 2022 - 20:27 WIB

Kisah Mistis Situ Gintung

Seram! Kisah Horor Pria Diganggu Makhluk Halus Kiriman Mantan Pacar Istri

28 September 2022 - 19:08 WIB

Kisah Mistis Kerajaan Gaib di Gunung Sangkur

27 September 2022 - 15:25 WIB

Rasakan Malam Erotis, Wanita Ini Siap Nikah dengan Kekasih Hantunya

26 September 2022 - 09:07 WIB

Terowongan Casablanca Bekas Kuburan Massal, Kalau Lewat Klakson 3 Kali

25 September 2022 - 20:16 WIB

terowongan Casablanca
Trending di Kisah Misteri