Misteri Hantu Kaki dari Bali yang Dikenal Seram

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 31 Jul 2022 08:59 WIB

Misteri Hantu Kaki dari Bali yang Dikenal Seram


 Ilustrasi tempat seram. (Freepik/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi tempat seram. (Freepik/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Sosok hantu kaki berasal dari Bali disebut Bhuta Enjek Pupu atau Sang Bhuta Anja-anjal. Salah satu jenis mahkluk halus di Bali ini dikatagorikan sebagai “ancangan setra” atau mahkluk halus pengikut dari Ida Bhatara Pengulun Setra (Dewa Penguasa Kuburan) yang bertugas menjaga daerah sekitar kuburan tempat kremasi mayat di Bali. Wujud dari hantu ini cukup menyeramkan sebab hanya berwujud sebuah potongan kaki manusia yang berukuran sangat besar.

Dilansir dari Sonora.id, menurut penuturan para penglingsir di Bali, wujud Enjek Pupu hanya terdiri atas paha sampai kaki, hanya kaki saja tanpa badan. Ketika berjalan, enjek atau injakan telapak kakinya menimbulkan suara atau bunyi yang halus dan berirama, dan mampu merindingkan bulu roma.

Tak hanya itu di kuburan, Enjek Pupu juga muncul malam hari, mengitari pekarangan rumah yang tidak berpenghuni menyusuri tembok.

Dalam Lontar Andhabhuwana, disebutkan asal mula hantu ini adalah ketika Dewi Durga membangkitkan seisi kuburan untuk dijadikan pengikutnya. Dari sebuah kaki mayat yang terpisah dari tubuhnya tercipta sesosok iblis yang dikenal sebagai Bhuta Anja-anja atau lebih dikenal dengan Enjek Pupu, sedangkan tubuh mayat yang hanya memiliki satu kaki, disebut Bhuta Suku Tunggal atau iblis berkaki satu.

Hantu jenis ini tergolong mahkluk halus yang cenderung menjauh dari daerah yang berpenghuni dan menghindari manusia. Ia hanya menakuti orang berniat buruk yang memasuki wilayahnya.

Tak hanya itu konon Enjek Pupu bergerak dengan melompat-lompat dan melakukan jungkir balik, terkadang suara injakan kakinya terdengar tug-tug-tug, sambil mengikuti orang yang sedang memasuki tempat tinggalnya, karena itu beberapa daerah di Bali, bhuta ini juga dijuluki Katugtug.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Cerita Angker Rumah Hantu Darmo, Pesugihan Berujung Petaka

27 November 2022 - 15:11 WIB

Angker Rumah Hantu Darmo
Trending di Kisah Misteri