Asal Usul Malam Jumat Kliwon

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Kisah Misteri ยท 11 Agu 2022 19:38 WIB

Asal Usul Malam Jumat Kliwon


 Ilustrasi asal usul istilah malam jumat Kliwon. Foto: Freepik Perbesar

Ilustrasi asal usul istilah malam jumat Kliwon. Foto: Freepik

Bogordaily.net – Malam jumat kliwon di tanah air sungguh terkenal. Istilah malam jumat kliwon itu memiliki banyak arti. Mulai dari cerita mistis sampai keramatnya malam tersebut. Seperti apa asal usul istilah malam jumat kliwon tersebut?

Beragam mitos yang berkembang di masyarakat menganggap malam ini sebagai waktunya makhluk gaib bergentayangan. Pada dasarnya, malam Jumat kliwon tidak menakutkan.

Justru hari Jumat atau malam Jumat memiliki kedudukan istimewa dalam Alquran. Hari ini menjadi satu-satunya hari yang diabadikan menjadi nama surat yaitu Surat Al Jumuah.

Sementara itu, asal usul istilah malam Jumat Kliwon sebagai malam keramat didasarkan pada perilaku leluhur zaman dahulu.

Donatus Nugroho dalam buku Dendam Arah Jumat Kliwon menjelaskan, malam Jumat kliwon merupakan puncak dari tradisi puasa selama 40 hari.

Urutan penanggalan jawa sendiri adalah wage, pon dan puncaknya yaitu kliwon. Menurut kepercayaan leluhur, mengamalkan puasa pada hari-hari tersebut mampu menolak segala bahaya. Jadi, para leluhur melakukan tradisi ini untuk mengingatkan amalan tersebut.

Alih-alih sebagai malam yang suci, malam Jumat kliwon menjadi malam yang penuh dengan kisah horor dan menyeramkan. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat Jawa yang melakukan ritual khusus seperti larung sesajen, ruwatan, dan tradisi lainnya pada malam Jumat kliwon.

Selain itu, masyarakat Jawa banyak yang percaya bahwa malam Jumat kliwon menjadi waktu turunnya genderuwo untuk mencari mangsa. Sehingga pada malam itu, banyak orang tidak berani untuk keluar rumah.

Anggapan tersebut semakin diperkuat dengan banyaknya film horor Indonesia yang mengisahkan malam Jumat kliwon sebagai malam yang mistis. Tak heran jika kisah seram malam Jumat Kliwon semakin mandarah daging sampai sekarang.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Bucin Setengah Mati! Ini Ciri-ciri Orang Kena Pelet Semar Mesem

29 September 2022 - 12:29 WIB

Kisah Mistis Situ Gintung, Buaya Putih Meminta Tumbal

28 September 2022 - 20:27 WIB

Kisah Mistis Situ Gintung

Seram! Kisah Horor Pria Diganggu Makhluk Halus Kiriman Mantan Pacar Istri

28 September 2022 - 19:08 WIB

Kisah Mistis Kerajaan Gaib di Gunung Sangkur

27 September 2022 - 15:25 WIB

Rasakan Malam Erotis, Wanita Ini Siap Nikah dengan Kekasih Hantunya

26 September 2022 - 09:07 WIB

Terowongan Casablanca Bekas Kuburan Massal, Kalau Lewat Klakson 3 Kali

25 September 2022 - 20:16 WIB

terowongan Casablanca
Trending di Kisah Misteri