Kisah Jembatan Cirahong Buatan Belanda yang Penuh Misteri

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 11 Sep 2022 13:44 WIB

Dibalik Kisah Jembatan Cirahong Buatan Belanda yang Penuh Misteri


 Kisah Dibalik Pembangunan Jembatan Cirahong,  Kabupaten Tasikmalaya. (tribun/Bogordaily.net) Perbesar

Kisah Dibalik Pembangunan Jembatan Cirahong, Kabupaten Tasikmalaya. (tribun/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Seperti banyak jembatan-jembatan besar di Indonesia. Jembatan Cirahong juga menyimpan banyak misteri. Di balik kemegahannya, terdapat kisah mistis yang disembunyikan.

Dibalik kokoh dan uniknya jembatan Cirahong, ada cerita mistis saat proses pembuatannya. Jembatan ini dulunya memakan tumbal sepasang pengantin baru.

Awalnya pemerintah Hindia Belanda mendatangi sesepuh desa, namanya Sukasna. Sukasna bilang kalau pembangunan jembatan ini akan terhambat, tapi pemerintah Hindia Belanda nggak percaya. Akhirnya pembangunan pun banyak mendapat gangguan.

Konon sebelum pembangunan jembatan dimulai, seorang perwakilan dari pemerintah Hindia Belanda menemui seorang sesepuh desa bernama Sukasna untuk meminta petuah. Namun menurut Sukasna, pembangunan jembatan tersebut akan berjalan lancar dan tidak ada gangguan-gangguan yang bersifat mistis.

Saat pembangunan berjalan, ternyata banyak gangguan yang tidak masuk akal. Salah satunya adalah Sungai Citanduy yang banjir meski tidak datang hujan.

Pihak suruhan Hindia Belanda kembali memutuskan untuk menemui Sukasna. Akhirnya, sesepuh desa itu mencoba berkomunikasi dengan makhluk ghaib yang dipercaya merupakan penghuni Sungai Citanduy.

Dalam komunikasi beda alam tersebut, Sukasna mengetahui bahwa lokasi pembangunan jembatan itu adalah kediaman sepasang siluman ular bernama Nyai Odah dan Aki Boh’ang. Agar pembangunan jembatan dapat diselesaikan, kedua siluman ular tersebut meminta tumbal berupa sepasang pengantin baru.

Setelah informasi tersebut disampaikan ke pemerintah Hindia Belanda, muncullah siasat jahat untuk mencelakai sepasang pengantin yang kebetulan saat itu baru melaksanakan pernikahan.

Baru saja resepsi nikah mereka selesai, keduanya diculik. Setelah menyediakan sesajen di dekat jembatan, kedua pengantin yang malang dimasukkan ke dalam lubang pondasi dalam keadaan terikat tali.

Para pekerja kasar yang berkontribusi dalam pembangunan Jembatan Cirahong tidak mengetahui terdapat sepasang pengantin baru di dalam lubang pondasi. Pemerintah Hindia Belanda meminta para pekerja untuk segera mengecor jembatan. Lubang pondasi ditutupi dengan adonan semen, pasir, dan batu. Kedua pasangan pengantin baru itu pun terkubur di sana.

Konon, kedua pengantin mendiami bagian tengah jembatan, sementara Nyai Odah dan Aki Boh’ang mendiami kedua sisi samping Jembatan Cirahong.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri