Dibalik Kisah Mistis Terjadinya Ngumbah Tugu Kujang

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 9 Sep 2022 16:51 WIB

Dibalik Kisah Mistis Terjadinya Ngumbah Tugu Kujang


 Ngumbah Tugu Kujang. (dok.bogordaily.net) Perbesar

Ngumbah Tugu Kujang. (dok.bogordaily.net)

Bogordaily.net – Ketika berkunjung ke Kota Bogor, ada satu tugu yang menyita perhatian wisatawan karena posisinya yang berada tak jauh dari pintu keluar Tol Jagorawi, tugu tersebut adalah Tugu Kujang. Tahukan kalian, ada kisah mistis dibalik dibangunnya Tugu Kujang Bogor.

Tugu Kujang merupakan monumen yang jadi lambang khas Kota Bogor. Wujudnya diambil dari sebuah senjata pusaka yang berasal dari Jawa Barat, yaitu Kujang.

Tugu Kujang dibangun pada 4 Mei 1982 pada masa pemerintahan walikota Achmad Sobana. Tinggi tugu sekitar 25 meter dari permukaan tanah dengan luas dasar 26 meter x 23 meter.

Tugu Kujang sendiri terletak di simpang tiga jalan. Jalan Raya Padjajaran, Otista, dan Baranangsiang.

Meski terlihat gagah, Tugu Kujang nyatanya dibangun dengan susah payah. Banyak mitos beredar dibalik sulitnya pembangunan tugu yang menelan biaya pembangunan mencapai Rp80 juta. Jumlah yang fantastis saat itu

Pimpinan proyek pembangunan Tugu Kujang pernah dibuat pusing tujuh keliling sekaligus heran. Musababnya, saat proses peletakan tugu sering kali jatuh tanpa sebab yang pasti.

Merasa ada yang janggal dan diluar nalar, pimpinan proyek lalu menanyakan perihal kerap jatuhnya tugu tersebut ke ‘orang pintar’. Terungkap penyebab sering jatuhnya tugu lantaran arah kujang yang akan dipasang harus mengarah ke Istana Bogor.

Mendapat petunjuk tersebut, pemimpin proyek akhirnya mengikuti perintah tersebut dan benar saja kujang tersebut berhasil berdiri tegak. Setia peringatan Hari Jadi Kota Bogor, Tugu Kujang wajib dibersihkan. Prosesi pembersihan tugu dikenal dengan nama Ngumbah Tugu Kujang.

Tradisi ini dilakukan untuk merawat tugu yang terletak di pusat kota, yakni simpang Jalan Padjajaran dan Otista.

Untuk mencuci tugu setinggi kurang lebih 25 meter ini, ratusan orang biasanya dilibatkan. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu tahun sekali.

Pencucian Tugu Kujang terbagi beberapa bagian. Seperti di tiang, logo Kota Bogor, dan senjata Kujang.

Pencucian itu dilakukan selama empat hari mulai kemarin hingga Kamis, 20 Juli mendatang dengan menggunakan peralatan khusus pemanjat tebing.

Untuk mencuci Tugu Kujang tidak menggunakan sembarang air, tapi berasal dari tujuh sumber mata air yang ada di Kota Bogor. Di antaranya mata air Cidangiang, Cibogor, dan Kahuripan yang berada di Kebun Raya Bogor.

Ketujuh mata air dari dulu sampai sekarang dipercaya sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat Kota Bogor.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri