Kisah Mistis Jembatan Merah, Suara Rintihan Tangis

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri ยท 7 Sep 2022 13:08 WIB

Kisah Mistis Jembatan Merah, Putus dengan Kekasih Hingga Suara Rintihan Tangis


 Kisah Jembatan Merah yang Berada di Kebun Raya Bogor. (bobo/Bogordaily.net) Perbesar

Kisah Jembatan Merah yang Berada di Kebun Raya Bogor. (bobo/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Berkunjung ke Kota Bogor rasanya tidak pas kalau tidak mampir ke Kebun Raya Bogor. Disana, terdapat jembatan merah yang memiliki banyak cerita mistis.

Jembatan Merah ini terletak didalam Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Jembatan ini dibangun pada tahun 1881 oleh seorang arsitek Belanda, Mr Motmann, bersama amtenar (pegawai pemerintah) pribumi yang bernama Saripin. Saat peringatan proklamasi, biasanya warga setempat melakukan pengecatan ulang pada jembatan ini.

Konon menurut cerita yang beredar di masyarakat, para sejoli yang melewati jembatan ini, kisah cintanya akan kandas alias putus!

Namun sebaliknya, bila yang melintas di jembatan ini adalah seorang lelaki single dan wanita single maka akan segera mendapatkan jodoh. Meskipun begitu, mitos yang beredar tersebut tidak membuat para muda-mudi enggan untuk melintasi jembatan ini.

Menurut cerita masyarakat setempat, pada sekitar tahun 1900-an terdapat sepasang kekasih yang mengucap janji setia di atas Jembatan Merah ini. Beberapa tahun berlalu dan janji setia itu tak berbuah manis.

Sang pria ternyata lebih memilih menikah dengan wanita lain. Dirundung rasa kecewa dan sakit hati yang mendalam, sang wanita memutuskan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri di jembatan tersebut

Masih cerita yang tersiar dari mulut ke mulut, pasangan kekasih tersebut adalah noni Belanda dan pria pribumi yang menjalin hubungan.

Tragedi bunuh diri ini melahirkan cerita baru. Di masyarakat Bogor berkembang cerita jika ada sepasang kekasih yang pacaran di jembatan tersebut, maka pulangnya hubungan mereka akan kandas atau putus cinta.

Nama asli jembatan ini sebenarnya adalah Jembatan Gantung Hulu Jembatan ini diberi nama Jembatan Gantung Hulu, lantaran posisinya yang berada di bagian atas. Di bagian bawah jembatan ini terdapat aliran sungai Ciliwung.

Sebagai tambahan informasi, Kebun Raya Bogor atau dikenal juga Kebun Botani Bogor memiliki luas 87 hektar serta punya 15.00 jenis koleksi tumbuhan dan pohon.

Kadang, terjadi kisah mistis pula di jembatan merah. Salah satunya, kerap terdengan suara orang menangis, dan ada beberapa pengnjung yang kerap mengalami kesurupan.(*)

 

(Riyaldi)

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri