Kisah Mistis Kerajaan Gaib di Gunung Sangkur

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kisah Misteri · 27 Sep 2022 15:25 WIB

Kisah Mistis Kerajaan Gaib di Gunung Sangkur


 Ilustrasi tempat seram. (Pixabay/ArtTower/Suara.com) Perbesar

Ilustrasi tempat seram. (Pixabay/ArtTower/Suara.com)

Bogordaily.net–  Gunung Sangkur yang berada di Kelurahan Patruman, Kecamatan Patruman, Kota Banjar, Jawa Barat menyimpan kisah mistis. Konon, sebagian masyarakat di sana meyakini terdapat kerajaan gaib di gunung tersebut.

Dilansir Harapanrakyat.com, dari cerita warga, kerajaan gaib yang ada di gunung tersebut salah satunya adalah Kerajaan Bagong. Penguasa Kerajaan Bagong namanya Ki Tekel. Tak hanya itu, gunung yang terkenal memiliki cerita mistis tersebut juga menjadi tempat berburu hewan liar berupa babi hutan atau bagong.

Agus Sumitro, salah seorang warga setempat mengatakan, hingga saat ini masih ada warga yang berburu bagong atau babi liar di kawasan hutan Gunung Sangkur.

Para pemburu babi hutan rata-rata berasal dari luar daerah. Sedangkan warga atau penduduk setempat sudah jarang yang melakukan perburuan.

“Tapi kebanyakan dari luar daerah dan itu biasanya mereka musiman,” kata Agus.

Ia menjelaskan, bagong atau babi hutan masih ada dan terkadang turun ke sawah milik penduduk ketika musim panen tanaman tiba. Terutama tanaman yang berada di lereng Gunung Sangkur.

“Biasanya kalau musim panen tanaman kadang-kadang ada yang turun ke sawah. Tepatnya di daerah Curug Taneuh,” terangnya.

Sementara itu terkait mitos tentang sosok bagong besar yang menguasai wilayah tersebut, lanjut Agus, hingga saat ini memang masih ada. Hanya saja jarang menampakkan diri.

Bagong itu konon merupakan bagong yang paling tua dan susah untuk diburu, meski menggunakan senapan sekalipun.

“Bagong besar itu katanya rajanya bagong di Gunung Sangkur, dan itu yang paling tua,” imbuhnya.

Terpisah, salah seorang seniman yang rumahnya tidak jauh dari lokasi Gunung Sangkur, Dian Herdiana, menyebut berbagai cerita mistis Gunung Sangkur hingga kini masih melekat di masyarakat.

Terutama warga yang tinggal berada ada di bawah lereng Gunung Sangkur. Salah satunya yaitu cerita mistis terkait keberadaan kerajaan gaib yang konon penguasanya bernama Ki Tekel.

“Ki Tekel dalam cerita Gunung Sangkur merupakan sosok makhluk halus penguasa bagong. Bahkan sampai saat ini masih menjadi penguasa kerajaan bagong,” ujar Dian.

Selain Ki Tekel, ada pula cerita mistis Gunung Sangkur lainnya, yaitu keberadaan Batu Begu yang erat kaitannya dengan Kerajaan Bagong.

Batu itu konon bisa bergerak sendiri. Hal itu menjadi pertanda yang menunjukkan letak ataupun arah kemunculan sosok bagong gaib.

Berbagai cerita mistis Gunung Sangkur ini kata Dian kemudian dilestarikan dalam bentuk seni kearifan lokal daerah. Bentuk keseniannya bernama Onen-onen Gunung Sangkur.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kisah Mistis Pendaki Gunung Kesasar ke Pasar Setan

8 Desember 2022 - 21:01 WIB

Kisah mistis pendaki gunung

Kisah Menyeramkan, Penampakan Koloni Pocong yang Melintas di Kali Boyong

7 Desember 2022 - 21:56 WIB

Pocong Kali Boyong

Misteri Gunung Kawi, Jadi Tempat Pesugihan

6 Desember 2022 - 16:01 WIB

Tempat Pesugihan

Mitos Gunung Semeru, Kisah Mbah Dipo hingga Ranu Kumbolo

5 Desember 2022 - 21:19 WIB

Ih Serem, 6 Tempat di dalam Rumah yang Disukai Makhluk Halus

3 Desember 2022 - 11:17 WIB

rumah makhluk halus

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Trending di Kisah Misteri