Kisah Pernikahan Soekarno dan Nyi Roro Kidul

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kisah Misteri · 19 Sep 2022 20:35 WIB

Kisah Pernikahan Soekarno dan Nyi Roro Kidul


 Kisah Pernikahan Soekarno dan Nyi Roro Kidul Perbesar

Bogordaily.net – Kisah pernikahan Soekarno dan Nyi Roro Kidul. Beberapa orang mempercayai jika Proklamator Kemerdekaan Indonesia sekaligus Presiden RI Pertama, Soekarno pernah menikahi sosok yang dipercaya sebagai penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Pernikahan Soekarno dan Nyi Roro Kidul itu dipercaya berlangsung di Pesanggrahan Tenjo Resmi yang berlokasi di bibir Pantai Istana Presiden Citepus, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

“Menurut beliau (Soekarno) pribadi, di sini lokasi yang memang beliau berhubungan secara ‘metafisik’ dengan Nyi Roro Kidul. Walallahu alam soal itu, tetapi ini menjadi narasi sejarah,” kata pengamat sejarah Sukabumi sekaligus Ketua Yayasan Dapuran Kihapare Irman Sufi Firmansyah, Minggu 18/9/2022 seperti dikutip suaracom dari Sukabumiupdate.

Irman mengatakan Soekarno adalah sosok presiden yang masih menyukai klenik. Dalam beberapa kali pidatonya Soekarno menyebutkan bahwa negara bisa kuat jika pemimpinnya menikahi Ratu Laut Selatan Nyi Roro kidul.

“Ada yang menyebutkan ungkapan Bung Karno itu hanya simbol bahwa pemimpin kuat harus menguasai laut atau maritim, tapi sebagian percaya Bung Karno sering menikah gaib karena memang Bung Karno suka semedi, di antaranya di batu kenit,” kata Irman yang juga penulis buku Soekaboemi The Untold Story.

Lebih lanjut Irman menuturkan, di Pesanggahan Tenjo Resmi, Soekarno hanya bisa melihat lautan luas karena konon Nyi Roro Kidul tidak bisa memasuki Pesanggrahan akibat ditolak ‘penghuninya’.

“Bung Karno sendiri menyebutkan Nyi Roro Kidul sering ingin ke sini. Tapi karena penghuni di sini tidak mengizinkan, katanya Nyi Roro Kidul marah dan akhirnya disediakan lokasi di Samudera Beach Hotel (SBH) ada satu kamar,” kata Irman.

Ia menambahkan bahwa salah satu kamar di SBH tersebut adalah menjadi tempat khusus pertemuan Soekarno dengan Nyi Roro Kidul.

Pesanggrahan Tenjo Resmi saat ini menjadi aset milik Sekretariat Presiden yang digunakan sebagai tempat peristirahatan pejabat negara atau tamu negara yang berkunjung ke Palabuhanratu.***

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Trending di Kisah Misteri