Thursday, 28 March 2024
HomeKabupaten BogorProgram Safe School, ChildFund Dukung Kabupaten Bogor Ramah Anak

Program Safe School, ChildFund Dukung Kabupaten Bogor Ramah Anak

Bogordaily.net – Lembaga Pemerhati Anak International di Indonesia bersama Dinas Pemadam Kebakaran (), Kabupaten Bogor, difasilitasi Yayasana Warga Upadaya. Menggelar program Safe School berupa simulasi penanganan bencana kebakaran di SDN 02 Pakansari, Kampung Curug, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Rabu, 28 September 2022.

Safe School merupakan program sekolah aman dari yang  berkordinasi dengan stakeholder, terutama dari unsur Dinas Pendidikan Kab. Bogor. Melalui program tersbut lembaga pemerhati anak Internasional di Indonesia, ingin mendukung Disdik Kab Bogor untuk mewujudkan Kabupaten Bogor, menjadi kabupaten yang ramah anak.

Sebelum memulai kegiatan, siswa-siswi dari SDN Pakansari 02 berkumpul terlebih dahulu di ruang kelas. Supaya lebih riang, para murid diberi air mineral serta juga kudapan roti untuk dinikmati.

Dihadapan 170 siswa siswi, petugas Kab. Bogor secara cekatan menjinakkan kobaran api yang menyembur dari selang gas. (foto: Mutiya/bogordaily.net)

Selanjutnya, di hadapan para siswa jajaran Yayasan Waga Upadaya dan Lembaga Pemerhati Anak International di Indonesia, begantian menyampaikan pemahaman betapa pentingnya jika semua orang sadar mengenai Mitigasi.

Kesadaran mengenai Mitigasi, akan memperkecil resiko bencana. Para murid dan peserta lainnya yang hadir meliputi guru serta orang tua murid,  mendapat sejumlah tips mengenai tindakan yang semestinya dilakukan, jika terjadi bencana. Kali ini yang ditekankan, penanganan seandainya terjadi bencana kebakaran.

Tidak hanya paparan secara lisan, pemahan membangun kesadaran mengenai kebencanaan, dipertegas oleh visualisasi simulasi yang dilakukan para petugas Kabupaten Bogor.

Tepat pukul 12.00 WIB, 170 murid menyaksikan langsung proses petugas menjinakan api saat tejadi kebakaran. Tentu saja saat melihat aksi petugas Damkar, para murid sangat terpukau. Mereka takjub, dalam sejurus kobaran api bisa padam. Tak heran jika pada murid antusias mengikuti jalannya kegiatan dari awal hingga akhir.

“Jadi Kegiatan hari ini sebenarnya bagian dari program yang sudah kami jalankan selama kurang lebih satu tahun terakhir. Salah satu intervensi yang kami lakukan yakni penguatan kapasitas dari pihak sekolah untuk penanganan bencana. Kegiatan simulasi kebakaran ini bagian dari rangkaian yang sudah berjalan,” Candra Dethan kepada tim Bogordaily.

Candra Dethan mengatakan program Safe School ini baru diperkenalkan kepada 10 sekolah dasar di Kabupaten Bogor. Dirinya menjelaskan, dampak dari intervensi ini, bisa jadi pemicu atau trigger untuk direplikasikan di wilayah yang lain.

Sebagai lembaga pemerhati anak internasional yang ada di Indonesia, sangat siap mendukung pemerintah supaya mereplikasikan hal tersebut dari modul, pendekatan, materi dan fasilitator, guru serta siswa yang sudah dilatih.

“Sebenarnya hal tersebut adalah aset dari pemerintah Kabupaten Bogor untuk menyebarkannya,” pungkasnya.

(Mutia Dheza Cantika/Diki Sudrajat)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here