Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaGejala Kanker Pembuluh Darah, Waspadai Hal Ini!

Gejala Kanker Pembuluh Darah, Waspadai Hal Ini!

Bogordaly.net – Gejala berikut ini harus ada waspadai. Jika sudah merasakan ada gejala yang mencurigakan jangan dibiarkan.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai berikut dengan penyebab dan penjelasan mengenai tersebut.

Kasus ini jadi perbincangan seiring dengan hebohnya, istri drummer Band Noah, Clerence Chyntia Audry yang dikabarkan mengidap penyakit ini sebelum akhirnya meninggal dunia.

adalah salah satu jenis kanker langka yang terkadang menyerang manusia. Menurut National Cancer Institute, angka kejadian penyakit ini sekitar satu di antara satu juta orang. Kebanyakan penderita adalah kalangan lansia yang berumur 70 tahun ke atas.

Namun, tidak menutup kemungkinan orang berusia lebih muda terserang kanker langka ini. Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali apa itu , gejala, dan penyebabnya.

Apa itu ?

Dilansir dari Cleveland Clinic, adalah penyakit yang terjadi ketika tumor jaringan lunak ganas tumbuh di lapisan bagian dalam pembuluh darah.

ini bisa tumbuh di berbagai bagian tubuh. Namun, penyakit ini paling sering menyerang bagian kulit, payudara, hati atau liver, leher, dan kepala.

Dari sekian jenis penyakit yang dikenal dengan istilah medis angiosarkoma ini, pada kulit adalah jenis yang paling sering diderita.

Gejala kanker pembuluh darah

Dilansir dari beberapa sumber, gejala kanker pembuluh darah sangat tergantung lokasi tumbuhnya kanker atau tumor ganas, di antaranya: Gejalanya di kulit diantaranya munculnya benjolan kemerahan atau kebiruan di kulit kepala, kepala, atau leher.

Muncul lesi atau ruam seperti memar yang terus melebar dan mudah berdarah. Area kulit yang memar biasanya juga membengkak. Gejala di hati diantaranya kulit menguning, badan mudah lelah, perut kiri atas sakit terus-menerus Gejala di payudara diantaranya muncul benjolan berwarna keunguan di payudara atau ada benjolan abnormal di payudara. Jika Anda merasakan gejala kanker pembuluh darah di atas, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Penyakit ini bisa didiagnosis dengan pemeriksaan fisik, biopsi jaringan, tes MRI, CT scan, atau PET scan untuk melihat ukuran dan lokasi tumor ganas.

Penyebab kanker pembuluh darah

Dilansir dari Mayo Clinic, penyebab kanker pembuluh darah hingga kini belum diketahui secara pasti. Tapi, penyakit ini bisa terjadi ketika sel di lapisan pembuluh darah mengalami mutasi DNA. Perubahan atau mutasi sel ini menyebabkan sel di lapisan pembuluh darah tumbuh tidak terkendali.

Akibatnya, sel kanker menumpuk dan tumbuh di dinding pembuluh darah. Sel ganas ini bisa menyerang dan merusak jaringan tubuh yang sehat.

Ketika kondisinya cukup parah, sel kanker dari pembuluh darah bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko seseorang terkena kanker pembuluh darah, antara lain: Terapi radiasi untuk mengobati kanker sebelumnya Infeksi kelenjar getah bening kronis Paparan bahan kimia berbahaya, seperti vinil klorida dan arsen Kelainan genetik, seperti neurofibromatosis, sindrom Maffucci, atau sindrom klippel-trenaunay, dan mutasi gen BRCA1 dan BRCA2

Jika Anda termasuk kelompok berisiko dan khawatir dengan penyakit ini, diskusikan dengan dokter yang biasanya menangani untuk langkah pencegahan kanker pembuluh darah. Demikian penjelasan apa itu kanker pembuluh darah, gejala, dan penyebabnya yang perlu diketahui.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here