Thursday, 18 April 2024
HomeKota BogorIkuti Lomba Gelar Inovasi Daerah, Mahasiswa FTS UIKA Bogor Suguhkan Dua Inovasi

Ikuti Lomba Gelar Inovasi Daerah, Mahasiswa FTS UIKA Bogor Suguhkan Dua Inovasi

Bogordaily.net – Mahasiswa Fakultas Teknik & Sains Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ikuti lomba Gelar Inovasi Daerah () di Kantor Bappedalitbang, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat, 21 Oktober 2022.

Dalam gelaran Lomba Gelar Inovasi Daerah (), mahasiswa FTS UIKA membawa dua inovasi alat, yakni oksigen konsentrator, dan juga aplikasi augmented reality.

Sebanyak tiga mahasiswa yakni Asri, Adam, dan Adrian membawa alat pertama buatan kelompoknya yakni, oksigen konsentrator.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, , Sahid Agustian Hudjimartsu mengatakan, alat yang dibawa oleh para mahasiswa FTS ini dapat mendaur ulang oksigen tanpa harus mengisi ulang.

“Alat ini tercipta karna maraknya kasus covid-19, maka dari itu Asri dan kawan-kawan memikirkan solusi dari kasus in. Lalu terciptalah sistem pnuematic oksigen konsentrator yang membantu pasien atau penderita sesak nafas,” ujar Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan , Sahid Agustian Hudjimartsu kepada Bogordaily.net, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Sahid menegaskan, selain kelompok Astri dengan alat oksigen konsentrator, ada juga kelompok Mahasiswa prodi Teknik Informatika yakni Hanif dan lainnya, membawa sebuah aplikasi pemanfaatan teknologi augmented reality.

“Selain itu kelompok Hanif dari program studi Teknik Informatika, menciptakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi augmented reality, dimana pada masa sekarang banyaknya penggunaan ponsel di semua kalangan, terkhusus anak-anak yang berdampak pada kurangnya minat belajar,” jelasnya.

Sementara itu, kata Sahid, maraknya penggunaan ponsel saat ini, menjadikan para mahasiswa Teknik Informatika tersebut, membangun sebuah aplikasi augmented reality, untuk pembelajaran bagi anak.

“Maka dari itu dibangunlah sebuah aplikasi sebagai media pembelajaran pengenalan buah untuk anak usia dini berbasis android,” pungkasnya.

Diketahui 2 kelompok ini memborong juara dengan masuk nominasi tiga besar. Pengumuman tersebut akan diumumkan pada tanggal 3 November 2022 mendatang. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here