Sadikem si Cantik Penunggu Jembatan Jiwan, Gentayangan

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Kisah Misteri · 3 Okt 2022 19:38 WIB

Sadikem si Cantik Penunggu Jembatan Jiwan, Gentayangan Mencari Suaminya


 Kisah Sadikem Penunggu Jembatan Jiwan. (hipwee/Bogordaily.net) Perbesar

Kisah Sadikem Penunggu Jembatan Jiwan. (hipwee/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sadikem adalah sosok hantu cantik penunggu jembatan Jiwan, yang berada di perbatasan Magetan dan Madiun. Sadikem merupakan sosok yang cukup terkenal menunggu sebuah jembatan yang suka menggoda penumpang yang lewat.

Mungkin bagi sebagian orang, jembatan ini terkesan biasa saja. Namun, siapa sangka jika jembatan ini memiliki kisah mistis,

Menurut mitos dirinya dihiasi oleh cerita-cerita yang dituturkan dalam berbagai versi. Cerita yang paling terkenal mengungkapkan bahwa Sadikem dulunya adalah seorang wanita cantik yang baru saja menikah.

Di Jawa, ada semacam larangan kepada para perempuan yang usia pernikahannya belum mencapai seminggu untuk mengunjungi atau mendekati wilayah sungai.

Konon, orang yang melanggar larangan itu akan terkena malapetaka yang bisa saja berujung kepada kematian. Entah sengaja atau tidak, Sadikem pun melanggar larangan itu dan dirinya tenggelam di Sungai Bakung yang tepat berada di bawah Jembatan Jiwan.

Sadikem sendiri sebenarnya bukan nama asli dari wanita yang dikabarkan meninggal karena tenggelam di bawah jembatan itu. Sadikem adalah julukan yang artinya “tenggelam”. Kematian Sadikem yang tidak wajar pun dipercaya telah membuat arwahnya bergentayangan di sekitar jembatan.

Masyarakat sekitar menyebut Sadikem meninggal dunia karena terkena sawan kemanten anyar.

Dahulu, ketika temanten anyar, Sadikem pergi ke sungi Bakung untuk mencuci pakaiannya. Dalam tradisi Jawa, pengantin baru dilarang keluar rumah sebelum genap tujuh hari. Sadikem melanggar tradisi adat tersebut hingga menyebabkan Sadikem hilang ditelan Sungai Bakung.

Sadikem kerap muncul, disebut karena sedang mencari suami tujuh harinya. Namun, dia acapkali muncul dengan tampilan yang menyeramkan.

Bahkan kasus-kasus kecelakaan di jembatan ini kerap dihubungkan dengan keberadaan Sadikem. Salah satunya merupakan kecelakaan beruntun yang melibatkan bus dan menewaskan hampir seluruh penumpangnya.

Menurut keterangan sopir, sebelum kecelakaan terjadi, ia melihat sosok perempuan yang secara tiba-tiba melintas di depan jalurnya. Sopir kaget dan kehilangan kendali yang menyebabkan kecelakaan beruntun.

Sadikem yang menghadang para lelaki yang lewat di tempat itu karena mengira para pria tersebut adalah suaminya.

Tak hanya itu, ada cerita bahwa Sadikem juga kerap meneror warga. Sadikem kerap mendatangi rumah warga dengan suara tangisannya. Hal itu membuat warga enggan keluar rumah pada malam hari.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kisah Mistis Pulau Kuburan dan Hantu Korban Perang

28 November 2022 - 19:48 WIB

Cerita Angker Rumah Hantu Darmo, Pesugihan Berujung Petaka

27 November 2022 - 15:11 WIB

Angker Rumah Hantu Darmo

Deretan Arti Mimpi Melihat Tuyul, Waspada Pertanda Buruk

26 November 2022 - 23:59 WIB

Kisah Mistis Rumah Cimanggis, Bangunan Terbengkalai yang Berhantu

25 November 2022 - 21:37 WIB

mistis rumah cimanggis

Kisah Horor Pendaki Gunung Lihat Penampakan Pasukan Berwajah Pucat

24 November 2022 - 22:49 WIB

Seram! Kisah Penumpang Bus Hantu Banyuwangi-Surabaya, 5 Menit Sampai

22 November 2022 - 20:39 WIB

Bus Hantu Banyuwangi
Trending di Kisah Misteri