Kisah Mistis Batu Iuh, Tak Goyang saat Gempa Cianjur Melanda

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M 6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Kisah Misteri ยท 22 Nov 2022 18:29 WIB

Kisah Mistis Batu Iuh, Tak Goyang saat Gempa Cianjur Melanda


 Batu Iuh Terletak di Wilayah Cianjur. (inews/Bogordaily.net) Perbesar

Batu Iuh Terletak di Wilayah Cianjur. (inews/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Pada umumnya batu memiliki ukuran kecil, namun berbeda dengan batu yang berada di Kampung Cibatu Iuh, Desa Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur. Bernama batu Iuh, beberapa waktu lalu viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet karena ukurannya yang sangat besar. Ternyata, ada kisah mistis dibalik besarnya batu Iuh.

Diketahui, Cianjur diguncang gempa M5,6. Ratusan warga meninggal dunia. Sementara belasan ribu warga mengungsi akibat rumah mereka luluh lantak diguncang gempa.

Sedari dulu, Batu Iuh dipakai warga untuk berteduh atau beristirahat yang akan atau setelah berjualan. Bahkan, nama kampungnya dinamakan Kampung Cibatu karena batu itu sering digunakan untuk berteduh.

Tidak ada yang tahu persis kenapa dan kapan batu itu berada di tempat tersebut. Warga mengenal batu raksasa di desa mereka, batu iuh artinya batu teduh. Karena dulunya dipercaya menjadi tempat berteduh banyak orang dari hujan.

Ternyata, batu tersebut tak lepas dari cerita mistis. Seperti, kondisi batu tetap kokoh di kala gempa dahsyat mengguncang pada tahun 2009 silam. Serta makhluk tak kasat mata bernama Aki Jangkung.

Sosok Aki Jangkung merupakan sesosok teman tokoh kampung tersebut yang lebih dikenal sebagai Mbah Singa Heurin.

Batu ini memiliki tinggi 15 meter dan berada di kemiringan sekitar 40 derajat. Namun, batu raksasa ini tahan terhadap gempa.

Saat gempa bumi pada 2009 di Tasikmalaya yang bermagnitudo 7,4, itu tidak membuat batu tersebut bergeser sedikit pun. Padahal saat itu, beberapa titik di wilayah sempat longsor dan menimbun sejumlah warga.

Tak hanya itu, batu ini memiliki mitos yang diyakini masyarakat di sana. Bahwa, batu tersebut merupakan jelmaan ular buntung dan peliharaan sosok yang memiliki tubuh tinggi serta besar.

Berdasarkan mitos tersebut, banyak masyarakat yang menyimpan sesajen di bawah Batu Iuh. Ada juga yang menjadikan batu itu sebagai batu pemujaan.

Pada masa sekarang, tradisi itu tidak dilakukan lagi. Akan tetapi, batu tersebut masih menyimpan kisah mistis.

Terdapat kisah apabila warga terlalu bising, tidak menjaga etika, atau berbicara sembarangan maka orang itu akan sakit keras secara tiba-tiba.

Semenjak viral di media sosial, banyak dari warga daerah lain datang mengunjungi Batu Iuh untuk foto di bawahnya.

Video penampakan batu itu awalnya diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna @ajahcingkareng. Unggahannya ini berhasil mendapatkan 4,7 juta penayangan sampai berita ini ditulis.

Hingga kini batu yang berukuran raksasa tersebut masih kokoh di tempatnya. (*)

 
Artikel ini telah dibaca 400 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Ih Serem, 6 Tempat di dalam Rumah yang Disukai Makhluk Halus

3 Desember 2022 - 11:17 WIB

rumah makhluk halus

Seram, Nih Jenis Jin yang Suka Nempel di Tubuh Manusia

2 Desember 2022 - 10:46 WIB

Apartemen Angker Jakarta! Awas, Jangan Baca Sendirian!

1 Desember 2022 - 20:25 WIB

apartemen angker jakarta

Kisah Keangkeran di Kampus UNAIR, Dihuni Banyak Mahkluk Halus

30 November 2022 - 19:03 WIB

keangkeran kampus UNAIR

Lirik Lagu Lingsir Wengi Kuntilanak & Maknanya, Awas, Jangan Dinyanyikan Sendirian!!

30 November 2022 - 16:45 WIB

Sosok Kuntilanak Merah

Delivery Man, Kurir Paket yang Terjebak dalam Bisnis Gelap

29 November 2022 - 23:37 WIB

Delivery Man
Trending di Kisah Misteri