Pada 2024 Kota Bogor Bangun RSUD Baru

Kepala Dinkes Kota Bogor, Rubaeah

 

BOGORDAILY – Kepala Dinkes Kota Bogor, Rubaeah mengatakan, Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berencana membangun satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  di Kota Bogor. Rencana ini tengah masuk dalam tahapan kajian di Dinkes Kota Bogor. Diharapkan RSUD baru yang merupakan pengembangan dari puskesmas Mekarwangi, terwujud pada 2024.

“Salah satu puskemas yang akan dikembangkan menjadi RSUD, yaitu puskesmas Mekarwangi,” ujarnya.

Rubaeah menilai puskemas Mekarwangi sangat memungkinkan untuk dijadikan RSUD karena dari segi luasan lahan cukup memadai. Oleh karena itu, pihaknya saat ini tengah membuat kajian salah satunya terkait kebutuhan biaya pembangunan RSUD.

“Kita baru membuat kajian. Termasuk kajian untuk kebutuhan anggaran. Insyaallah, tahun 2024 (puskemas Mekarwangi) bisa terwujud menjadi RSUD,” jelasnya.

Sisi lain, dia juga menjelaskan bahwa Kota Bogor masih kekurangan puskemas dimana setiap kelurahan memiliki satu puskemas. Saat ini, tercatat ada 25 puskemas induk dan 30 puskemas pembantu.

“Kebutuhan puskesmas masih kurang kan janji Bapak wali kota per kelurahan satu puskemas. Jadi ini memang masalah kita, prioritaskan dalam RPJMD 2020-2024 seluruh kelurahan punya sarana kesehatan walaupun bentuknya puskemas pembantu,” ungkapnya. (*/bdn)

 

Bagaimana Komentar Kamu?