Nasihat Mendiang Didi Kempot untuk Ndarboy Genk

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Daru Jaya atau Ndarboy Genk dikenal sebagai penyanyi pop dangdut yang kerap membawakan tembang berbahasa Jawa. Akan tetapi, diakuinya, karier yang ia miliki kini, tidak lepas dari sosok yang menginspirasi dan memberinya inspirasi.

Sosok tersebut adalah mendiang musisi campursari, Didi Kempot. Menurut dia, Didi Kempot adalah sosok yang berpengaruh dalam kariernya. Bukan hanya sebagai idola, namun juga panutan.

Read More

“Dari kecil lagu-lagu beliau sudah menjadi soundtrack dalam kehidupan saya. Kalau dulu waktu kecil ya idola. Dengerin lagunya, sampai saya memutuskan untuk berkarier di bidang musik tradisional, jadi penyanyi Jawa, sampai diberi kesempatan untuk satu panggung,” cerita Ndarboy dalam sesi wawancara dengan detikcom.

Tidak hanya itu, semasa hidupnya, Didi Kempot banyak memberi wejangan untuk Ndarboy Genk yang berkaitan dengan karier bermusiknya.

Diceritakan olehnya, Didi Kempot sempat memberinya pesan untuk menikmati proses dan tidak terburu-buru dalam mengejar popularitas.

“Nasehat dari pak Didi yang saya pegang sampai sekarang itu, ‘Asah kesusu, nek ora oleh saiki ya olehe sesuk (jangan buru-buru, kalau tidak dapat hari ini, ya dapatnya besok)’,” cerita Ndarboy.

Didi Kempot juga berpesan padanya untuk rajin membuat karya dan tidak menghabiskan waktu luang dengan melamun.

Meninggalnya Didi Kempot pada 5 mei 2020 lalu tentunya menyisakan rasa kehilangan yang mendalam bagi Ndarboy. Dirinya ingat, dua hari sebelum meninggal dunia, ia berencana mengunjungi kediaman pelantun Cidro itu untuk memberikannya baju batik.

Nyatanya, belum sempat Ndarboy memberikan baju batik pada Didi Kempot, sang musisi sudah keburu berpulang ke pangkuan Ilahi. Akhirnya ia pun datang ke pemakaman Didi Kempot bukan membawa baju batik yang ingin ia berikan, ia justru menabur bunga mawar di pusara mendiang.

Cerita itu kemudian ia tumpahkan dalam lagu Kembang Mawar yang ia bawakan bersama Ardha Tatu, penyanyi anak yang sempat merekam lagu bersama Didi Kempot.

Hingga kini, Ndarboy Genk mengaku masih aktif menulis lagu sebagaimana yang pernah dipesankan oleh Didi Kempot padanya.

“Saya juga meneruskan lagu-lagu saya dinyanyikan oleh Ardha dan anak-anaknya (Didi Kempot),” tutur dia.

Baru-baru ini, Ndarboy Genk tampil dalam acara Tribute to Legend yang merupakan rangkaian dari perayaan ulang tahun kelima JOOX yang bertajuk Parade JOOX Lima.

“Sungguh kebanggaan aja bisa menyanyikan lagu Didi Kempot. Saya nggak berani mengaransemen ulang karena dari aslinya memang sudah enak, tinggal cari soul sama rasanya,” ungkapnya mengenai penampilannya dalam Tribute to Legend.

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *