Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaUniversitas Luar Negeri Pertama di Indonesia, Monash University Hadir di BSD...

Universitas Luar Negeri Pertama di Indonesia, Monash University Hadir di BSD City

· Kehadiran Monash University di BSD City membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk mengenyam pendidikan di salah satu institusi terbaik dunia di dalam negeri.

· Universitas yang menduduki urutan ke-55 dalam QS World University Ranking tersebut akan memulai aktivitas belajar mengajar di GOP 9, BSD Green Office Park, pada

BOGORDAILY – BSD City telah dikenal sebagai tempat dari berbagai sekolah, lembaga pendidikan informal, hingga perguruan tinggi di Indonesia. Tahun depan, BSD City akan kembali mendapatkan kehormatan dengan menjadi tuan rumah bagi Monash University sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama yang akan beroperasi di Indonesia. Monash University merupakan institusi pendidikan tinggi yang berdiri pada 1958 di Melbourne, Australia. Institusi perguruan tinggi tersebut tahun ini berhasil menduduki peringkat 55 dunia berdasarkan QS World University Ranking.

Monash University melalui Yayasan Monash University Indonesia akan membuka pusat pembelajaran di gedung GOP 9 kawasan BSD Green Office Park BSD City. Ekspansinya ke Indonesia merupakan langkah Monash untuk melebarkan sayapnya ke tingkat global, setelah membuka kampus di Malaysia, Tiongkok, dan India. Monash Indonesia akan mendukung perkembangan perguruan tinggi lokal melalui beberapa program kemitraan. Kehadiran Monash juga akan memacu perguruan tinggi nasional untuk dapat berprestasi di tingkat global.

Group CEO Michael Widjaja menyampaikan bahwa pihaknya merasa sangat terhormat karena BSD City dapat menjadi lokasi bagi Monash University. “BSD City telah dikenal dengan ekosistem pendidikannya yang baik dengan adanya berbagai institusi pendidikan dan universitas terkemuka di Indonesia. Kini kami menyambut Monash University yang akan melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama yang beroperasi di Indonesia. Ini merupakan peristiwa bersejarah sangat penting yang ditorehkan oleh pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kami juga turut mendukung Monash University dalam upayanya untuk makin memperluas jaringannya di skala global sehingga mahasiswa Indonesia dapat turut menerima pendidikan kelas dunia,” tutur Michael dalam keterangan resminya.

“Kami memilih BSD City karena lokasinya mencerminkan tujuan dari Monash, yaitu untuk terkoneksi ke industri, berada dekat dengan sejumlah perusahaan yang inovatif dan perguruan tinggi Indonesia lainnya, memiliki lingkungan yang berkesinambungan dan memberikan kehidupan yang baik antara kerja, rekreasi dan gaya hidup,” ujar Professor Andrew MacIntrye – Wakil Rektor Senior Bidang Kemitraan Asia Tenggara Monash University.

Kehadiran Monash melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City yang telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan ternama seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, dan IULI. Institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc. dan AWS Academy dari Amazon pun beroperasi di sini. Para pelajar dan mahasiswa dapat menambah ilmu serta keahlian melalui pusat pendidikan nonformal seperti Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan, Binar Academy, Creative Nest, dan NXL Esports Center.

Nanti, lulusan Monash University diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan yang berkantor dalam kawasan Central Business District (CBD) BSD City seperti Unilever, NTT, Orami, MyRepublic dan beragam lainnya. Akses menuju dan dari BSD City juga mudah yaitu melalui tol Jakarta-Serpong dan Jakarta-Merak yang terhubung dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tol Jagorawi, dan tol Bandara. BSD City juga terintegrasi dengan beragam moda transportasi publik seperti Royal Trans Jabodetabek dan kereta listrik Commuter Line melalui kawasan transit-oriented development (TOD) Intermoda BSD City.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here