Sunday, 29 September 2024
HomeBeritaIni 4 Strategi Baru Ade Yasin Tangani Pandemi

Ini 4 Strategi Baru Ade Yasin Tangani Pandemi

Bogordaily.net – Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan 4 strategi baru untuk menangani pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor setelah refocusing anggaran di tahun 2021. Keempat strategi baru itu meliputi penyelamatan masyarakat yang terancam COVID-19, masyarakat sehat dan terkonfirmasi positif tanpa gejala (OTG), masyarakat terkonfirmasi positif bergejala, serta pasien positif yang meninggal dunia karena COVID-19 baik di rumah sakit maupun di rumah.

“Seiring dengan terus meningkatnya kasus COVID-19, maka pemerintah daerah saat ini fokus pada penanganan empat hal,” ungkap Ade Yasin usai pencanangan vaksinasi Covid-19 perdana di Puskesmas Cimandala, Sukaraja, Bogor, Kamis 28 Januari 2021.

Ade Yasin juga menyebutkan bahwa klaster penyelamatan masyarakat yang terancam Covid-19 dilakukan dengan cara pengalokasian anggaran untuk sosialisasi pencegahan dan vaksinasi.

Selanjutnya, ia meneruskan, klaster penanganan masyarakat sehat dan terkonfirmasi positif tanpa gejala, dilakukan dengan penyediaan pusat isolasi dan penyediaan fasilitas pendukung untuk masyarakat isolasi mandiri.

“Pusat isolasi sudah tersedia di Kemang dan Megamendung. Untuk isolasi mandiri Pemkab. Bogor akan mengoptimalkan krisis center 24 jam, relawan pendamping, hingga ambulans untuk pasien jika membutuhkan penanganan medis,” tuturnya.

Ia menyebutkan, pada klaster penanganan masyarakat terkonfirmasi positif bergejala terdapat tiga langkah, yaitu menambah ruang ICU dan perawatan di RSUD dan RS swasta, meningkatkan status puskesmas untuk penanganan COVID-19, serta mengoptimalkan layanan gawat darurat.

Tidak hanya itu, klaster penanganan pasien positif yang meninggal dunia di rumah yaitu pembentukan tim khusus pengurusan jenazah, serta pengangkutan jenazah dari rumah menuju pemakaman.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here