Vaksinasi Lansia Segera Dimulai, Cek Cara Daftarnya

  • Whatsapp
Vaksinasi Lansia
Proses penyuntikkan vaksin Covid - 19 di RS Azra Bogor, Jumat (15/01/2021). Foto: shandra/bogordaily.net

Bogordaily.netVaksinasi tahap kedua bagi kelompok usia diatas 60 tahun (vaksinasi lansia)segera dimulai di 34 ibu kota provinsi.Dilansir dari Instagram Kemenkes @kemenkes_RI metode pelayanan fasilitas pelayanan vaksinasi bagi masyarakat lansia, pemerintah sudah menyiapkan 2 cara yakni berbasis faskes milik pemerintah atau swasta maupun vaksinasi massal di tempat.

Jika ingin vaksinasi di faskes, peserta bisa mendaftar melalui link pada website Kementerian Kesehatan  www.kemkes.go.id dan website Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di covid19.go.id.

Bagi lansia yang kesulitan untuk mendaftar, dapat meminta bantuan anggota keluarga atau ketua RT/RW setempat untuk mendaftar pada link tersebut.

Pastikan data yang diisi sudah sesuai.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan diberikan informasi mengenai jadwal pelaksanaan vaksinasi oleh Dinkes Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Puskesmas dan RS setempat.

Cara yang kedua ialah dengan vaksinasi massal di tempat. Pada pelaksanaannya, vaksinasi ini dapat diselenggarakan oleh organisasi maupun instansi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi maupun Kabupaten/Kota setempat.

Pada proses vaksinasi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Pemerintah juga memastikan bahwa tenaga kesehatan & vaksinator yang terlibat dalam vaksinasi telah terlatih dan berkompeten.

Secara teknis pelaksanaan vaksinasi bagi lansia tak banyak berbeda.

Hanya saja dalam proses skrining dilakukan lebih detail dengan beberapa pertanyaan tambahan.

Pendaftaran bisa melalui link berikut: https://www.kemkes.go.id

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *