Friday, 24 May 2024
HomeBeritaDesa Cigudeg Bogor Andalkan Samisade Perbaiki 3 Titik Jalan, Cek Lokasinya

Desa Cigudeg Bogor Andalkan Samisade Perbaiki 3 Titik Jalan, Cek Lokasinya

Bogordaiy.net Pemerintah , Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor berencana memperbaiki 3 titik jalan lingkungan di dua kampung wilayahnya dengan mengandalkan anggaran Progam Satu Miliar Satu Desa ().
“Untuk tahun 2021 ini, kita mengajukan 3 titik, semuanya jalan lingkungan,” ujar Kepala , Andi Supriadi saat dihubungi bogordaily.net, Senin 22 Februari 2021.
Pertama, kata dia,  lokasi tepat di jalan lingkungan RW 17 dan 21 Kampung Katulampa. Kedua di  Kampung Cicopong, RW 04 dan 03, terakhir di RW 22.
“Total keseluruhan Insya Allah desa Cigudeg dapat 1 Miliar,” katanya.
Di setiap titik, lanjut Andi, anggaran yang diajukan berbeda-beda, yang paling besar anggaranya yaitu di RW 22 sebesar 362 juta.
“Yang paling besar itu di RW 22 karena terdiri dari 2 Kampung yakni Kp.barutujuh sama Kampung Cicahok  sebesar Rp362 juta, di Kampung Cicipong Rp315 juta dan sisanya di Kampung Katulampa,” tuturnya.
Ia berharap dengan adanya program yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Bogor,  bisa membantu memperbaiki 3 infrastruktur yang diharapkan itu.
“Mudah-mudahan dengan adanya ini. Infrastruktur di desa Cigudeg menjadi lebih baik lagi,” jelas Andi.
Dalam pelaksaannya, kata dia, perbaikan 3 titik jalan melalui program di desanya itu akan dilakukan dengan sistem padat karya yang pengerjaannya gotong-royong oleh warga setempat.
“Masyarakat terbantu karena selain untuk infrastruktur juga pengerjaannya harus dilakukan dengan padat karya. Masyarakat mendapatkan pekerjaan di mana program itu dilakukan,” ujarnya.
Sebab itu, Andi berharap kucuran dana segera meluncur.
“Mudah-mudahan cepet cair supaya langsung bisa direalisasikan di lapangan,” lanjut Andi.
Andi mengaku, untuk mengawal jalannya program perbaikan 3 jalan itu pihaknya tengah mempersiapkan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dari elemen masyarakat.
Hal itu agar terkawal dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan.
“Saat ini saya dalam pembentukan tim Pelaksana Kegiatan akan mengundang seluruh elemen masyarakat karena saya khawatir ketika tidak terpantau oleh masyarakat. Oleh karenanya, saya libatkan semua elemen dari mulai tokoh masyarakat, ulama, dan elemen-elemen lainnya,” ungkap Andi.
Program telah diluncurkan Bupati Bogor, Ade Yasin di Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor pada Rabu 17 Februari 2021.

Menurut Ade Yasin, program merupakan langkah tepat untuk membangun masyarakat desa dalam sisi ekonomi melalui padat karya yang ada di program tersebut.

Hanya ada 349 desa dari 416  desa didaerahnya yang lolos verifikasi dan akan segera bisa dipergunakan pada April 2021.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here