Monday, 29 April 2024
HomeNasionalGempa M 6,5 Guncang Bengkulu, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 6,5 Guncang Bengkulu, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

Bogordaily.net – Telah terjadi gempa bumi di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera tepatnya di Enggano Bengkulu, diguncang gempa tektonik pada hari Rabu, 10 Februari 2021 pukul 19.52.26 WIB. Hasil analisis dari menunjukkan bahwa, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=6,3. Episenter.

“Gempa bumi terletak pada koordinat 5,68 LS dan 101,60 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah Barat Daya Enggano, Bengkulu pada kedalaman 10 km,” tulis akun @info_bmkg_bengkulu di instagram.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, bencana ini merupakan jenis gempa bumi dangkal, yang diakibatkan adanya aktivitas subduksi.

Hasil dari analisis , mekanisme sumber menunjukkan gempa tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak dari guncangan gempa yang terjadi di Enggano II-III MMI bisa dirasakan nyata dalam rumah, seperti getaran seakan-akan truk berlalu.

“Di Kota Bengkulu dan Kepahiang II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda – benda ringan yang digantung bergoyang. Dilihat dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa, gempabumi ini tidak berpotensi ,” jelasnya.

Hingga saat ini belum menerima laporan dari masyarakat yang terdampak, atau mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi tersebut.

Adapun gempa susulan hingga pukul 20.57 WIB, terlihat dari hasil monitoring yang menunjukkan adanya 3 aktivitas gempa susulan (aftershock).

Menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hindari bangunan retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa,”himbaunya.

“Cek kembali jika ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum anda kembali kedalam rumah.”tambahnya.***

Shako Map Titik Gempa bumi di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik pada hari Rabu, 10 Februari 2021 pukul 19.52.26 WIB. (@info_bmkg_bengkulu/Bogordaily.net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here