Friday, 3 May 2024
HomeBeritaIngat, Sabtu Ini, 10 wilayah Indonesia Bercuaca Ekstrim Hingga Berpotensi Banjir

Ingat, Sabtu Ini, 10 wilayah Indonesia Bercuaca Ekstrim Hingga Berpotensi Banjir

Bogordaily.net – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memberi peringatan dini bagi 10 wilayah Indonesia pada Sabtu 20 Februari 2021.

Kesepuluhmya, memiliki curah hujan yang lebat disertai angin serta kilat. Bahkan, ada yang diprediksi mengalami banjir.

Berikut daftar prakiraan cuaca BMKG terhadap 10 wilayah tersebut:

1. DKI Jakarta.
Wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari berpotensi hujan yang dapat di sertai kilat, petir dan angin kencang.

2. Bali.
Wilayah Buleleng, Karangasem, Bangli, Badung, Jembrana dan Gianyar. Prediksi cuaca hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang. Waspada potensi banjir di wilayah Karangasem dan Bangli.

3. Jawa Barat.
Wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Bandung barat, Bandung, Kota Bandung, Sumedang, Majalengka.

Kemudian Kuningan, Cirebon, Indramayu, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai petir, pada siang hingga malam.

4. Jawa Tengah.
Wilayah Pagunungan Tengah, Pantura Barat-Tengah, Solo Raya dan sebagian Pantura Timur, Prediksi cuaca berpotensi hujan sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang.

5. Jawa Timur.
Wilayah Pulau Bawean, Tuban, Bojonegoro, Kota Madiun, Ngawi, Magetan dan Bondowoso, Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan.

Lalu Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo.

Ditambah Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep juga diprakirakan bercuaca dengan intensitas sedang sampai lebat disertai petir dan angin kencang.

6. Kalimantan Selatan.
Wilayah Kota dan Kabupaten Banjarmasin, Barito Kuala, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Tanah Bumbu, Kotabaru diprakirakan cuaca berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang pada siang hari.

7. Banten
Wilayah Kabupaten Pandeglang  Barat dan Selatan, Kabupaten Lebak Utara dan Barat, Kota Cilegon, Kota dan Kabupaten Serang, diprakirakan cuaca berpotensi hujan sedang disertai petir dan angin kencang.

8. Aceh.
Wilayah Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Nagan Raya juga diprakirakan cuaca berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

9. Lampung.
Wilayah Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Bandar Lampung, Lampung Selatan.

Lalu Metro, Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Barat berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada sore hari.

10. Kalimantan.
Wilayah Kabupaten Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Pulang Pisau, Kapuas, Murung Raya, dan kota Palangka Raya berpotensi hujan intensitas sedang, disertai petir dan angin kencang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here