Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorAyo Belajar di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Hidayah Bogor

Ayo Belajar di Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI Al-Hidayah Bogor

Bogordaily.net – Manajemen Pendidikan Islam (MPI) merupakan salah satu Program studi dari Tarbiyah, yang berada di Sekolah Tinggi Agama Islam Al–Hidayah.

Prodi Manajemen Pendidikan Islam memiliki visi yaitu, menjadi terbaik di Jawa Barat pada tahun 2025.

Kemudian untuk mencapai visi tersebut, maka prodi Manajemen Pendidikan Islam memiliki beberapa misi.

Seperti, melaksanakan pembelajaran dan pendidikan yang integral dalam ilmu MPI, baik yang bersifat teoritis maupun praktis. Lalu, memberikan dasar-dasar akhlak terhadap pengembangan ilmu MPI.

Membina dan mengembangkan suasana akademik yang mengedepankan nilai-nilai kebenaran, keterbukaan , kreatif, dan inovatif serta tanggap terhadap perubahan sosial.

Kemudian, menyelenggarakan pengelolaan program studi yang berorientasi pada mutu, profesionalisme, keterbukaan, serta berdaya saing yang berbasis penelitian.

Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam, Heriyansyah, S.Pd.I,M.Si mengatakan, terdapat strategi yang dilakukan dalam merelisasikan visi, misi, tujuan, dan sasaran.

“Menjadikan program studi MPI sebagai pusat aktivitas program unggulan center for excellent, mendesain sistem perkuliahan berbasis Information and Communication Technology (ICT), dan menciptakan suasana akademik yang kondusif, bagi berlangsungnya proses pembelajaran yang baik,” ucap Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam, Heriyansyah, S.Pd.I,M.Si.

Ia melanjutkan, harus ada tenaga pendidik yang handal dengan kualifikasi S2 dan S3 yang relevan, dengan bidang ilmu yang diperlukan di program studi MPI. Serta, harus ada kurikulum yang berorientasi pada perkembangan zaman dan kebutuhan pasar dan  mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Kami juga harus membangun budaya penelitian bagi sivitas akademika, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan dosen. Selain itu, harus menyediakan sarana dan prasarana modern yang menunjang proses belajar-mengajar,” ungkapnya.

Heriyansyah menjelaskan bahwa, terdapat dua program pembelajaran prodi MPI yaitu regular, ekstensi, dan system pembelajaran daring.

“Pembelajaran harus mudah diakses mahasiswa, untuk peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan menuju sumber daya manusia yang professional melalui kegiatan program studi lanjut, juga kegiatan yang ilmiah misal workshop, seminar, lokakarya, dan lain-lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengembangan optimalisasi sumberdaya serta aset, budaya kampus yang ilmiah bernuansa islami, kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan kinerja dan prestasinya, bisa menghasilkan lulusan yang kompetitif di masyarakat.

“Lulusan prodi MPI sudah berkiprah diberbagai lembaga pendidikan baik formal atau non formal, yang sangat diterima menjadi seorang manajer atau administrator,” paparnya.

STAI Al-Hidayah masih sangat terbuka seluas luasnya bagi para lulusan SMA/SMK atau sederajat, untuk bergabung di prodi MPI STAI Al-Hidayah Bogor di PMB tahun 2021 melalui link staia.ac.id. adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here