Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaMengenal Lebih Dalam Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor

Mengenal Lebih Dalam Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor

Bogordaily.net merupakan peraih peringkat terbaik untuk Kluster Sekolah Tinggi dengan Nomor 1225/KOP.II/B2/11/2018 Se-Jawa Barat, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi khusus Kopertais Wilayah II Jabar dan Banten.
lahir diawali dari bergeraknya Lembaga Pendidikan dan Dakwah (LPD) Al-Huda Bogor yang memprioritaskan kegiatannya di bidang Tahfizh Alquran Al-Karim dan Program Belajar Jarak Jauh (PBJJ).
Pada tahun 1998, LPD Al-Huda mulai berdiri cabang-cabang Al-Huda di 25 kota di Jawa Barat dan Jakarta. Khususnya untuk PBJJ, pengembangannya sampai ke 26 propinsi di seluruh Indonesia dan bahkan hingga diminati oleh peserta yang berdomisili di luar negeri.
Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I. Ketua STAI Al Hidayah Bogor , Rabu 4 Februari 2021. (Andizza/bogordaily.net)
Program PBJJ adalah Al-Mursyid dan Al-Hidayah dimana Al-Mursyid merupakan nama suatu paket program yang berisi bimbingan belajar Bahasa Arab praktis jarak jauh. Sedangkan Al- Hidayah adalah nama paket bimbingan belajar jarak jauh yang berisi bimbingan belajar dinul .
mampu menjadi paket belajar unggulan dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat hingga ke Jepang, Hongkong, dan Arab Saudi. Bahkan banyak dari para jama'ah yang mengusulkan supaya Al-Hidayah diselenggarakan secara formal dan melalui kuliah tatap muka.
Selain mengelola pendidikan jarak jauh, LPD Al-Huda juga mengelola Pondok Pesantren Pengkajian Alquran non formal, Akademi Dakwah Islam (ADI) yang berlokasi di Leuwiliang Bogor.
“Seiring perkembangannya, dalam kegiatan oprasional teknisnya, ADI didorong untuk bisa lebih ditingkatkan statusnya menjadi lebih profesional dan kompetitif, lahirlah sebuah lembaga pendidikan formal yang mempunyai legitimasi hukum dan bisa mengayomi seluruh program,” Ucap Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I. Ketua STAI Al Hidayah Bogor.
Lokasi STAI Al-Hidayah dulu berada di Cimanglid Sukamantri Kabupaten Bogor,dan akhirnya pada tahun 2010 berpindah ke Dramaga, tepatnya di Jalan Raya Dramaga KM 7 Gg. Radar Baru Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.
“Dengan adanya STAI Al-Hidayah diharapkan kegiatan belajar bisa tercipta secara ilmiah dan profesional, baik Program Beasiswa Al-Hidayah (PBA), Program Belajar kelas Ekstensi maupun Reguler,  Ketiganya tetap berada dalam satu koordinasi, dan satu naungan,” Jelasnya.
STAI Al-Hidayah akhirnya dikabarkan melalui Surat Keputusan Yayasan Islam Al Huda No. 401/BP/U/1999 yang memperoleh izin Koordinator Koordinatorat   dan bisa memulai perkuliahan perdananya pada tanggal 28 September 1999.
STAI Al-Hidayah memiliki beberapa Jurusan dan Program  Studi S1 (Strata Satu), di antaranya Jurusan Syariah Program Studi Ahwal Syakhshiyah (Hukum Keluarga), Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), serta Jurusan Ushuluddin Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.
Kemudian pada tahun 2011 dibuka Program Studi baru D3 (Diploma Tiga), yaitu Jurusan Ekonomi Islam dengan Program Studi Perbankan Syariah. Kemudian pada tahun 2016 dibuka Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Selain itu, dalam meningkatkan mutu pendidikan , STAI Al-Hidayah menyediakan sarana dan prasarana yang diharapkan agar bisa menunjang kegiatan belajar mengajar.
Berikut adalah fasilitas yang dimiliki STAI Al Hidayah Bogor yaitu masjid sebagai sarana beribadah dan media latihan keagamaan (laboratorium penyiapan ), perpustakaan, koperasi, studio radio, 5 Jurnal Ilmiah Terakreditasi, 4 Prosiding untuk publikasi hasil penelitian dan lainnya.
“Semua fasilitas kami itu tidak lain demi peningkatan kualitas sebagai kader Islam yang bisa membela umat pada setiap lini kehidupan,”jelasnya.
Sejak tahun 1999, pengembangan STAI Al-Hidayah dirintis dan diselenggarahkan oleh pengurus Yayasan Islam Al-Huda Bogor yang didelegasikan kepada para pimpinan STAI Al-Hidayah.
Dari awal perintisan hingga sekarang, kepemimpinan ketua STAI Al-Hidayah telah memasuki enam periode kepemimpinan, yang sekarang diketuai oleh Dr. Unang Wahidin, M.Pd.I. untuk Periode 2019- 2023. ADV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here