Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorPerdalam Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di STAI Al-Hidayah Bogor

Perdalam Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di STAI Al-Hidayah Bogor

Bogordaily.net – Perdalam Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT) merupakan salah satu program studi yang berada di Sekolah Tinggi Agama Islam Al–Hidayah Bogor.

Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir memiliki visi yaitu, menjadi pusat studi unggulan Klasik pada tahun 2024, di Jabodetabek.

Kemudian untuk mencapai visi tersebut, maka prodi Ilmu Alquran dan Tafsir memiliki beberapa misi.

Seperti, mengembangkan ilmu-ilmu al Qur'an dan Tafsir melalui kegiatan Pendidikan, Penelitian atau Pengkajian Keislaman dan Pengabdian Masyarakat.

Lalu, menghasilkan Sarjana Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Klasik yang kompeten dalam wilayah Jabodetabek.

Serta, menyiapkan lulusan yang profesional dan berkualifikasi akademik dalam bidang Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Klasik.

Kaprodi IAT STAI Al-Hidayah Rumba Triana S.Th.I., M.Pd.I mengatakan, terdapat tujuan program Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

“Tujuannya, mengantarkan mahasiswa menjadi Sarjana Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir yang professional, dalam studi Klasik. Serta berdedikasi tinggi bagi individu dan masyarakat,” ucapnya

Ia menjelaskan model perkuliahan dari prodi IAT pada masa pandemik ini, mengacu kepada peraturan pemerintah untuk melakukan perkuliahan melalui sistem Dalam Jaringan (Daring).

“Perkuliahan dilakukan secara online, melalui saran pembelajaran google meet. Namun kami tetap mewajibkan bagi para dosen untuk tetap hadir di kampus, dengan tujuan untuk memastikan bahwa perkuliahan berjalan dengan baik.” jelasnya.

Ia menyampaikan, kegiatan belajar mengajar melalui daring ini harus dilakukan dan harus dilaksanakan agar siswa dapat perdalam .

“Walalupun harapan kami, pembelajaran dapat dilaksankan secara tatap muka, namun untuk menjaga mudharat dari wabah ini, maka dengan terpaksa kami mengadakan pembelajaran daring namun tetap menjaga kualitas dari pembelajaran pada setiap pertemuannya,” ungkapnya.

IAT memiliki 2 kelas, regular dan ekstensi. Kelas reguler cocok bagi yang memiliki waktu luang dan fresh graduate.

Adapun bagi pekerja dan memiliki aktifitas yang cukup padat bisa memilik kelas ekstensi.

Rumba menyampaikan, IAT harus menyiapkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian kritis analitis, untuk ikut menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan, yang terkait dengan disiplin ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Klasik.

”Kami juga menyiapkan lulusan yang mampu mengomunikasikan ilmu- dan menerapkannya di era modern, dan menyiapkan sarjana S1 yang siap, untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau pascasarjana, sebagai bagian dari upaya sumbangan cendikiawan muslim yang berkwalitas,” paparnya.

Ia mengatakan, para lulusan IAT kini sudah tersebar diberbagai unit-unit pendidikan di dan diluar .

“Selain itu, alumni Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir juga berpeluang menjadi konsultan atau penyuluh agama dan pegawai kantor Kementerian Agama pusat, wilayah, kabupaten maupun kota,” ungkapnya.

Lalu, dapat menjadi pengajar di pesantren, bahkan menjadi guru sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru.

“Programi IAT akan mengajarkan tentang cara membaca Al-Qur'an beserta tafsirnya. Bagi yang tidak memiliki kemampuan dalam membaca Al-Qur'an, maka jangan khawatir kami akan membimbing anda,” Jelas Rumba.

STAI Al-Hidayah masih sangat terbuka seluas luasnya bagi para lulusan SMA/SMK atau sederajat, Untuk pendaftar diharuskan memiliki ijazah lulusan SMA, MA, ataupun ijazah persamaan paket C

“Kami membuka diri kepada seluruh kaum muslimin yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi, dan ingin mengetahui seluk beluk atau perdalam ilmu Al-Qur'an dan Tafsir silahkan bergabung pada Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

Bergabunglah bersama kami di prodi IAT kampus bersyariah STAI Al-Hidayah Bogor, di PMB tahun 2021 melalui link staia.ac.id. Jangan tunda lagi! adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here