Perdalam Ilmu Al-Quran di STAI Al-Hidayah Bogor

Menu

Mode Gelap
Wakapolda Jatim : Bripda RB Hamili Novia dan Minta Aborsi Polisi Periksa Polisi Berinisal R Atas Kematian Novia Widyasari Novia Ambil Jurusan Pendidikan Demi Bantu Anak Kurang Mampu JK Apresiasi Sumbangsih Rizal Ramli Bagi Perekonomian Negara Polisi Mabuk Berlagak Koboi, Anak 7 Tahun Kena Peluru Nyasar

Advetorial · 27 Feb 2021 20:44 WIB

Perdalam Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di STAI Al-Hidayah Bogor


 Kaprodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) STAI Al-Hidayah Rumba Triana S.Th.I., M.Pd.I . (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Kaprodi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) STAI Al-Hidayah Rumba Triana S.Th.I., M.Pd.I . (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Perdalam Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) merupakan salah satu program studi yang berada di Sekolah Tinggi Agama Islam Al–Hidayah Bogor.

Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir memiliki visi yaitu, menjadi pusat studi unggulan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Klasik pada tahun 2024, di Jabodetabek.

Kemudian untuk mencapai visi tersebut, maka prodi Ilmu Alquran dan Tafsir memiliki beberapa misi.

Seperti, mengembangkan ilmu-ilmu al Qur’an dan Tafsir melalui kegiatan Pendidikan, Penelitian atau Pengkajian Keislaman dan Pengabdian Masyarakat.

Lalu, menghasilkan Sarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Klasik yang kompeten dalam wilayah Jabodetabek.

Serta, menyiapkan lulusan yang profesional dan berkualifikasi akademik dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Klasik.

Kaprodi IAT STAI Al-Hidayah Rumba Triana S.Th.I., M.Pd.I mengatakan, terdapat tujuan program Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

“Tujuannya, mengantarkan mahasiswa menjadi Sarjana Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang professional, dalam studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Klasik. Serta berdedikasi tinggi bagi individu dan masyarakat,” ucapnya

Ia menjelaskan model perkuliahan dari prodi IAT pada masa pandemik ini, mengacu kepada peraturan pemerintah untuk melakukan perkuliahan melalui sistem Dalam Jaringan (Daring).

“Perkuliahan dilakukan secara online, melalui saran pembelajaran google meet. Namun kami tetap mewajibkan bagi para dosen untuk tetap hadir di kampus, dengan tujuan untuk memastikan bahwa perkuliahan berjalan dengan baik.” jelasnya.

Ia menyampaikan, kegiatan belajar mengajar melalui daring ini harus dilakukan dan harus dilaksanakan agar siswa dapat perdalam ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

“Walalupun harapan kami, pembelajaran dapat dilaksankan secara tatap muka, namun untuk menjaga mudharat dari wabah ini, maka dengan terpaksa kami mengadakan pembelajaran daring namun tetap menjaga kualitas dari pembelajaran pada setiap pertemuannya,” ungkapnya.

IAT memiliki 2 kelas, regular dan ekstensi. Kelas reguler cocok bagi yang memiliki waktu luang dan fresh graduate.

Adapun bagi pekerja dan memiliki aktifitas yang cukup padat bisa memilik kelas ekstensi.

Rumba menyampaikan, IAT harus menyiapkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian kritis analitis, untuk ikut menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan, yang terkait dengan disiplin ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Klasik.

”Kami juga menyiapkan lulusan yang mampu mengomunikasikan ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan menerapkannya di era modern, dan menyiapkan sarjana S1 yang siap, untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau pascasarjana, sebagai bagian dari upaya sumbangan cendikiawan muslim yang berkwalitas,” paparnya.

Ia mengatakan, para lulusan IAT kini sudah tersebar diberbagai unit-unit pendidikan di Bogor dan diluar Bogor.

“Selain itu, alumni program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir juga berpeluang menjadi konsultan atau penyuluh agama dan pegawai kantor Kementerian Agama pusat, wilayah, kabupaten maupun kota,” ungkapnya.

Lalu, dapat menjadi pengajar di pesantren, bahkan menjadi guru sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru.

“Programi IAT akan mengajarkan tentang cara membaca Al-Qur’an beserta tafsirnya. Bagi yang tidak memiliki kemampuan dalam membaca Al-Qur’an, maka jangan khawatir kami akan membimbing anda,” Jelas Rumba.

STAI Al-Hidayah masih sangat terbuka seluas luasnya bagi para lulusan SMA/SMK atau sederajat, Untuk pendaftar diharuskan memiliki ijazah lulusan SMA, MA, ataupun ijazah persamaan paket C

“Kami membuka diri kepada seluruh kaum muslimin yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan tinggi, dan ingin mengetahui seluk beluk atau perdalam ilmu Al-Qur’an dan Tafsir silahkan bergabung pada program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Bergabunglah bersama kami di prodi IAT kampus bersyariah STAI Al-Hidayah Bogor, di PMB tahun 2021 melalui link staia.ac.id. Jangan tunda lagi! adv

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

PKN Bogor dan RSUD Kota Bogor Gelar Pendidikan dan Informasi Seputar Layanan Hepatitis C

4 Desember 2021 - 21:31 WIB

PKN Bogor

Pemkot Bogor Menangkan Gugatan atas Pasar Induk Kemang, Dirut PD Pasar Pakuan Jaya Angkat Topi

3 Desember 2021 - 21:15 WIB

Pasar Induk Kemang

Cegah Stunting, “Bulog Peduli” Beri Bantuan Beras Bervitamin pada Balita NTT

3 Desember 2021 - 20:58 WIB

Bulog peduli

22 Istri Kepala Daerah Nikmati Pemandangan KRB Sembari Buat Ecoprint

3 Desember 2021 - 20:46 WIB

22 istri

Bima Arya Tekankan Lomba Bantu Wujudkan Visi dan Misi Kota Bogor

3 Desember 2021 - 13:27 WIB

Lomba

Bima Arya Ungkapkan Rasa Bangga Jadi Tuan Rumah Kongres Ke-V JKPI

3 Desember 2021 - 13:26 WIB

Wali Kota Bogor Bima Arya saat membuka Pameran UMKM dan Welcoming Dinner Kongres Ke-V JKPI 2021
Trending di Kota Bogor