Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaPresiden Jokowi Sebut PPKM Lebih Efektif dari Lockdown Kota

Presiden Jokowi Sebut PPKM Lebih Efektif dari Lockdown Kota

Bogordaily.net – Presiden Indonesia Joko Widodo menyebut lebih efektif secara mikro lewat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari pada karantina wilayah atau yang mencakup satu kota.
Pemerintah daerah tak asal menerapkan , namun pembatasan bisa di laksanakan melalui skala kecil.
“Jangan sampai karena virus hanya satu orang, satu RT, yang di- seluruh kota, jangan sampai yang terkena virus misalnya dari kelurahan, yang di satu kota, untuk apa?” kata Jokowi saat membuka Peresmian Pembukaan Munas Apeksi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 11 Februari 2021.
Presiden Jokowi mengatakan untuk para wali kota bisa memahami penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Lanjut Jokowi, setiap kepala daerah harus tahu penyebaran kasus Covid-19 sampai tingkat RT/RW.
Sehingga kebijakan yang dibuat tidak salah sasaran, skala mikro lewat PPKM bisa menekan laju kasus Covid-19.
“Kita memang harus bekerja lebih detail lagi. skala mikro, mikro . Jadi, tidak merusak pertumbuhan ekonomi,” ujar Presiden Indonesia Jokowi Widodo.
Menurut Jokowi, pembatasan semacam itu hanya akan merugikan semua pihak.
“Melihat proses proses yang dilakukan negara lain me- seluruh negara, satu provinsi, satu kota, ekonomi jatuh. Jadi hati-hati mengenai ini,” tegasnya.
Kemudian pemerintah kembali menerapkan PPKM di sejumlah kabupaten/kota di Jawa dan Bali, PPKM berlangsung pada dua pekan mendatang tanggal 9 sampai 22 Februari 2021.
Pada pembatasan kali ini, pemerintah berfokus pada pengawasan di tingkat RT/RW,  aparat keamanan dan petugas kesehatan akan berjaga di posko kelurahan/desa untuk memantau kegiatan masyarakat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here