Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaVaksinasi Nakes Lansia Mulai Dilaksanakan Hari ini

Vaksinasi Nakes Lansia Mulai Dilaksanakan Hari ini

Bogordaily.net (Badan Pengawas Obat dan Makanan) hari ini secara resmi mengeluarkan izin penggunaan vaksin COVID-19 merek dari bagi kelompok usia lanjut di atas 60 tahun. Kementerian Republik Indonesia dalam twitter resminya @KemenkesRI membuat utasan perihal vaksinasi untuk nakes lansia.

Vaksinasi pertama bagi 11.600 tenaga berusia diatas 60 tahun diseluruh Indonesia. Vaksinasi ini akan dilaksanakan pada hari ini, Senin 8 Februari 2021, pukul 09.00 WIB.

Penting bagi pemerintah untuk memprioritaskan tenaga berusia lanjut, karena adanya risiko ganda, yaitu profesi mereka yang rawan terpapar COVID-19 selain itu usia mereka yang rentan.

Diharapkan dengan diberikannya vaksin COVID-19 bagi tenaga yang berusia lanjut, dapat melindungi dan memberikan keamanan bagi seluruh tenaga tanpa kecuali.

Secara teknis vaksinasi COVID-19 untuk lansia sama dengan vaksinasi yg saat ini telah berjalan, hanya saja proses skrining akan dilakukan lebih detail.

Dosis vaksin yang akan disuntikkan juga sama, yakni dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

Reaksi Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerjasama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Dosis kedua berperan sebagai booste atau meningkatkan kekuatan vaksin sehingga antibodi yang telah terbentuk semakin kuat & optimal.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi nasional COVID-19 untuk masyarakat yang berusia diatas 60 tahun, pemerintah melalui Kemenkes RI telah berkonsultasi dan meminta rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Secara paralel Pemerintah juga akan mulai melakukan vaksinasi kepada lansia kategori non tenaga .

Sekitar 10% populasi Indonesia berada dalam kelompok lansia, dan 50% lebih kematian akibat COVID-19 terjadi pada kelompok ini. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here