Friday, 29 March 2024
HomeBeritaRatusan Warga Tuban Jadi Miliader, Tuminah Tidak Kebagian, Kenapa?

Ratusan Warga Tuban Jadi Miliader, Tuminah Tidak Kebagian, Kenapa?

Bogordaily.net – Nahas, dibalik ratusan warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mendadak miliader dan berbondong-bondong membeli mobil mewah, ada Tasimah (65) tidak kebagian durian runtuh dari Pertamina.

Hal ini karena Tarsimah tidak memiliki lahan untuk dijual ke Pertamina seperti ratusan warga Desa Sumurgeneng lainnya.

Jangankan tanah, untuk mencukupi kehidupan sehari-hari saja ia mengaku harus bertahan dengan bantuan dari pemerintah.

Di dinding depan rumahnya, tertempel tanda penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Tidak dapat apa-apa saya, ya hanya lihat orang yang jual tanah saja pada senang,” ujarnya, dikutip dari Tribunnews, Jumat (19/2/2021).

Di rumah itu ia tinggal bersama Parman (70), suaminya, yang kini mengalami sakit dan tidak bisa jalan. Kondisi itu membuatnya harus tetap bertahan dengan segala keterbatasan.

Ia juga bercerita saat ini kedua anaknya sudah tidak tinggal serumah karena telah berkeluarga. Ada yang tinggal di luar kota.

“Ya seadanya bertahan. Melihat tetangga pada jual tanah ya saya tidak bisa apa-apa, tidak punya lahan untuk dijual juga,” ungkapnya sambil bersandar di pintu masuk

Pendamping Bantuan Sosial Pangan (BSP) atau Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Jenu, Imron mengatakan, sebelumnya ada 288 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT di Desa Sumurgeneng.

Namun, setelah diverifikasi atas viralnya kampung miliarder, ditemukan 27 KPM yang dianggap sudah mampu karena telah menjual lahan ke Pertamina.

Warga yang dianggap sudah mampu dicoret sebagai penerima BPNT melalui aplikasi sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG).

“Sudah diverifikasi oleh petugas, yang mendapat ganti untung lahan harus dikeluarkan dari penerima BPNT,” ucap Imron.

Seperti diketahui, sebanyak 225 warga Desa Sumurgeneng dikabarkan mendadak menjadi miliader karena mendapatkan ganti rugi penjualan tanah untuk proyek kilang minyak Grass Root Refinery (GRR).

Setelah mendapat pencarian uang, warga ramai-ramai memborong 176 mobil

Mobil yang dibeli warga di antaranya Innova, Honda HR-V, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, dan Honda Jazz.

Harga yang diterima warga untuk penjualan tanah per meter mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 800.000. Sehingga penjualan yang didapat warga rata-rata mencapai Rp 8 miliar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here