Saturday, 20 April 2024
HomeBerita3 Amalan Saat Nisfu Syaban

3 Amalan Saat Nisfu Syaban

Bogordaily.net – Malam Nisfu Syaban tahun1142 H, jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021. Pada malam tersebut banyak sunah yang dapat dijalankan umat muslim untuk meraih pahala serta ampunan Allah SWT.

Nisfu Syaban yaitu peringatan pada malam ke 15, bulan Syaban yang sering disebut banyak orang sebagai malam pengampunan dosa.

Ada beberapa yang dilakukan pada saat malam nisfu syaban, yaitu:

1.

Dalam sebuah hadis HR Al-Bukhari, mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW sering menunaikan sunah pada nisfu syaban. Walaupun sunah umat muslin melaksanakan tersebut untuk meraih pahala.
Niat malam Nisfu Syaban ialah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa'i sunnati Sya'bana lillaahi ta'aalaa.

Artinya “Aku berniat sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta'ala,”.

2. Perbanyak Istigfar

Pada malam nisfu syaban umat muslim melakukan sunah untuk meraih pahala serta pengampunan dosa.

Istighfar menjadi salah satu cara untuk meminta ampunan kepada Allah SWT atas dosa – dosa yang telah di perbuat.

Yang mana Istigfar merupakan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya'ban dan malam pertengahannya.

3. Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 Kali

Umat Islam Nahdlatul Ulama (NU), pada saat Nisfu Syaban biasanya diperingati dengan membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali.

Hal ini dilakukan karena surat Yasin memiliki keutamaan, sebagaimana hadist dari Anas r.a., Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya segala sesuatu memiliki inti dan inti Alquran adalah Yasin, barang siapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah menuliskan baginya dikarenakan membacanya, pahala membacanya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi).

Dalam ceramah Ustad Abdul Somad yang beredar di Youtube ia mengatakan menurut hadist, saat malam Nisfu Syaban, Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya kecuali dua golongan.

“Semua yang beribadah malam itu, diampunkan Allah kecuali orang-orang yang menyekutukan Allah dan mereka yang belum berdamai,” tutur Ustaz Abdul Somad. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here