Thursday, 25 April 2024
HomeKota Bogor458 Atlet Telah Melaksanakan Vaksinasi Massal Covid-19

458 Atlet Telah Melaksanakan Vaksinasi Massal Covid-19

Bogordaily.net – terus memperluas cakupan vaksinasi, setelah sebelumnya menyasar tenaga kesehatan, pelayan publik, hingga pelaku pariwisata, kini giliran 458 atlet insan olahraga harus .

Tercatat, ada 458 atlet dan insan olahraga yang divaksin di Ballroom Puri Begawan, pada hari Jumat 12 Maret 2021. Wali Kota Bogor Bima Arya pun meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

“Hari ini ada peraih emas Asian Games asal Kota Bogor, serta tim olahraga. Kita targetkan mudah-mudahan bisa lebih cepat karena sesuai dengan arahan dari Presiden dan Gubernur, kita akan menambah lokasi, yaitu di hotel dan di mall,” ungkap Bima Arya.

Ia menambahkan, saat ini kapasitas vaksinasi yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mencapai 3.000 dosis per hari, di dua titik penyuntikan vaksin, yakni Puri Begawan dan IPB International Convention Center (ICC).

“Nanti kalau ditambah beberapa titik akan naik, sehingga lebih cepat, lebih bagus. Dan sejauh ini tidak ada efek-efek signifikan. Kita berharap dan optimis vaksin ini betul-betul memberikan hasil yang baik,” ujarnya.

Bima mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 25.000 orang yang sudah dilakukan vaksinasi massal Covid-19.

“Makanya kita ingin kejar. Karena, bulan puasa kan agak melambat ritmenya. Makanya kita akan kejar sebelum puasa bisa lebih maksimal. Karena sudah banyak tempat-tempat yang bersedia dan kooperatif, seperti mall, hotel, Pusdikzi dan kantor pemerintahan. Nanti juga di GOR ada drive thru hari Rabu untuk Lansia. Kita memaksimalkan semua potensi kita,” jelas Bima.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno menjelaskan, sasaran target vaksin untuk lansia sebanyak 61.198 orang.

“Ini kami dapat dari RW, Kader Posyandu di wilayah-wilayah lalu didaftarkan ke Puskesmas terdekat. Sejauh ini yang sudah masuk 61.000-an tadi,” ujar Retno.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk Lansia akan dilakukan menggunakan sistem drive thru di GOR Pajajaran untuk mengurai kepadatan jika hanya dipusatkan di Puskesmas.

“Kita sudah buat alurnya, hampir sama seperti swab drive thru sistemnya, Rabu nanti akan kita mulai. Observasinya bisa di dalam mobil atau motor juga bisa nanti.,” jelasnya.

“Kalau Lansia komunitas bisa dibikin massal, misalnya paguyuban, pensiunan apa dan lain sebagainya, kalau lansia individu bisa drive thru agar dekat bisa ke Puskesmas. Jika Rumah sakit juga nanti kita akan buka layanan khusus vaksin Lansia seperti BSH, Siloam, BMC,” tambahnya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here