Friday, 19 April 2024
HomeBerita5 Asosiasi Arsitek Kritik Desain Istana Negara Garuda di Ibu Kota Baru

5 Asosiasi Arsitek Kritik Desain Istana Negara Garuda di Ibu Kota Baru

Bogordaily.net – Desain rancangan untuk proyek Ibu Kota Negara (IKN) viral di media sosial beberapa hari terakhir. Isu tersebut mencuat setelah beredar gambar tangkapan layar (screen shot) dari video pendek itu di antaranya memperlihatkan desain yang menyerupai burung Garuda.

Selain gambar, ada pula video berdurasi sekitar 4 menit itu diawali dengan teks judul “Konsep Desain ” bertuliskan, Bandung, 26 Maret 2021. Di bagian bawah video tertulis I Nyoman Nuarta. Desain yang menyerupai burung Garuda dengan sayap membentang itu yang kemudian menuai ragam komentar di media sosial.

Sedikitnya ada lima asosiasi profesi mengkritik desain tersebut. Kelima asosiasi itu adalah Asosiasi Profesi Ikatan Indonesia (IAI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Lanskap Indonesia (IALI), dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP).

“Atas publikasi yang disampaikan dalam Instagram Bapak Suharso Monoarfa tersebut, telah mengundang ragam reaksi dari para anggota lintas asosiasi profesi,” tulis keterangan resmi lima asosiasi dikutip dari Tempo.co, Rabu (31/3/2021).

Menurut lima asosiasi tersebut, metafora, terutama yang dilakukan secara harafiah dan keseluruhan dalam dunia perancangan arsitektur era teknologi 4.0 adalah pendekatan yang mulai ditinggalkan karena ketidakampuan menjawab tantangan dan kebutuhan arsitektur hari ini dan masa mendatang.

Metafora harafiah yang direpresentasikan melalui gedung patung burung tersebut, menurut mereka, tidak mencerminkan upaya pemerintah dalam mengutamakan forest city atau kota yang berwawasan lingkungan.

“Metafora hanya mengandalkan citra, yang dilakukan secara keseluruhan dapat diartikan secara negatif dikaitkan dengan anatomi tubuh yang dilekatkan dalam metafor,” tuli kelima asosiasi tersebut.

Oleh karena itu, lima asosiasi profesi itu menyarankan istana versi burung Garuda disesuaikan menjadi monumen atau tugu yang menjadi tengaran atau landmark pada posisi strategis tertentu di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Mereka juga meminta desain burung Garuda ilepaskan dari fungsi bangunan istana.

Asosiasi pun mengusulkan desain bangunan gedung istana disayembarakan dengan prinsip dan ketentuan desain yang sudah disepakati dalam hal perancangan kawasan maupun tata ruangnya, termasuk target menjadi model bangunan sehat beremisi nol.

Terkait kepentingan awal pembangunan IKN, asosiasi menilai memulai pembangunan tidak harus melalui bangunan gedung, tetapi dapat melalui Tugu Nol yang dapat ditandai dengan membangun kembali lanskap hutan hujan tropis seperti penanaman kembali pohon endemik Kalimantan.

Hal itu juga nantinya bisa menjadi simbol bahwa pembangunan memang merepresentasikan keberpihakan pada lingkungan. “Yaitu ‘membangun hutan terlebih dahulu baru membangun kotanya' sebagaimana disebutkan dalam konsep sayembara Nagara Rimba Nusa,” tertulis dari pernyataan lima asosiasi tersebut.

Sumber : bisnis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here