Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorPemkab Bogor Rencanakan Bangun Jalan Tol Khusus Tambang

Pemkab Bogor Rencanakan Bangun Jalan Tol Khusus Tambang

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi Jabar, rencanakan pembangunan jalan tol khusus , saat rapat di Ruang Rapat Wakil Bupati Bogor pada Selasa, 2 Maret 2021.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten Bogor, AJat Rochmat Jatnika menjelaskan Tol tersebut memiliki rute Bogor-Serpong via Parung dan Sentul Selatan serta Karawang Barat sepanjang enam Kilometer.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan adanya kecelakaan, dan kerusakan di jalan publik yang diakibatkan kendaraan .

“Dengan pembangunan tol ini, kendaraan tidak akan lagi bersinggungan dengan pemukiman. Tidak bersatu lagi dengan jalan publik yang menyebabkan kecelakaan atau jalan rusak,” ujar Ajat.

Rapat Pembangunan Tol Khusus Tambang
Suasana Rapat Pembangunan Jalan Tol khusus , di Ruang Rapat Wakil Bupati Bogor pada Selasa, 2 Maret 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

Menurutnya, ada sekitar 8.000 truk perhari yang melewati jalan publik untuk menyuplai hasil ke Jakarta, Tangerang dan Pulau Jawa karena kualitas hasil dari Cigudeg, Rumpin dan Parung Panjang itu kualitas nomor satu.

Sehingga 80 persen suplai pembangunan jalan di tersebut disuplai dari hasil Kabupaten Bogor.

“Hasil kesepakatan BPJT, BPTJ, Dinas Bina Marga, Dishub Prov Jabar dan Pemkab Bogor, pembangunan jalan tol akan dibangun pada Maret 2022 mendatang, yang akan dipadupadankan dengan perencanaan dan pelaksanaannya, serta tugas masing-masing,” jelasnya.

Lanjut Ajat, selain pembangunan jalan tol khusus , Pemprov Jabar juga berencana akan membangun jalan khusus sepanjang 10 Kilometer, yang nantiya akan terhubung satusama lain.

“DED dan FS nya sedang dikaji oleh Tim Percepatan Pembangunan Jalan Tambang Provinsi Jabar, agar ada kesesuaian antara pembangunan jalan tol dengan jalan khusus tambang nantinya sehingga tidak keluar dari skenario yang ada,” tambahnya Ajat. adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here