Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorBupati Perintahkan Perangkat Daerah Implementasikan Semangat Membangun Satu Data Lewat SIPD

Bupati Perintahkan Perangkat Daerah Implementasikan Semangat Membangun Satu Data Lewat SIPD

Bogordaily.net – Bupati Bogor Ade Yasin perintahkan perangkat daerah implementasikan semangat membangun satu data, lewat Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Hal itu dikatakannya pada (Musrenbang) tahun 2022, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna I Sekretariat Daerah pada Rabu, 31 Maret 2021.

“Saya perintahkan kepada seluruh Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Bogor  agar segera menata dan menyesuaikan dengan kebijakan tersebut secara cepat dan tepat, meningkatkan produktifitas kerja berbasiskan teknologi, mengoptimalkan penggunaan SIPD agar dapat betul-betul bermanfaat,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Menurutnya, semangat untuk membangun satu data Indonesia telah diawali oleh pemerintah pusat, dengan memberlakukan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Ade Yasin menjelaskan, SIPD adalah satu sistem nasional yang menyinergikan seluruh tahapan pembangunan daerah, mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan sampai dengan pelaporan.

Menurutnya, tanpa data dan informasi yang akurat, perencanaan pembangunan daerah akan sulit dan penetapan kebijakan pemerintah menjadi beresiko.

Bahkan, jika tidak menyentuh inti persoalan, nantinya tidak akan efektif, tidak tepat sasaran, dan tidak mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian Ade Yasin berharap, Perangkat Daerah dapat memberikan data yang akurat dan akuntabel.

“Saya harap, data harus akurat serta akuntabel karena ini hal yang diperlukan dalam perencanaan pembangunan, serta dapat dipergunakan oleh stakeholders tingkat pusat, masyarakat umum serta dunia usaha,” ujar Ade Yasin.

Bupati Bogor ini juga mengharapkan, Musrenbang RKPD tahun 2022 ini dapat berjalan lancar, dan mendorong ekonomi masyarakat.

“Semoga Musrenbang RKPD tahun 2022 berjalan sukses dan lancar, serta dapat menghasilkan rumusan kegiatan yang dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi. Lalu tercapainya target Pancakarsa, seperti Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Maju, Bogor Membangun dan Bogor Berkeadaban, demi terwujudnya visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban,” ungkapnya.

Acara (Musrenbang) tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here