Wednesday, 8 May 2024
HomeKota BogorBau Menyengat Hantui Warga Kota Depok dan Bogor, Gegara Ini

Bau Menyengat Hantui Warga Kota Depok dan Bogor, Gegara Ini

Bogordaily.net – Kemarin Jumat, 19 Maret 2021, di Kabupaten Bogor hingga Kota Depok, Jawa Barat dihebohkan dengan adanya menusuk hidung.

Akibatnya, saling curiga terhadap asal sumber aroma tak sedap tersebut.

Akhirnya, sumber aroma tak sedap itu terungkap, yakni berasal dari limbah pabrik dari pabrik PT PPLI yang berada di Kabupaten Bogor.

Hal itu diungkapkan Kapolres Bogor AKBP Harun yang mengatakan bahwa bau bangkai dan gas yang tercium oleh di Kabupaten Bogor hingga Depok, Jawa Barat, dipastikan berasal dari sebuah pabrik limbah, yakni PT PPLI.

“Betul (sumber bau dari PT PPLI),” kata Harun, Jumat, 19 Maret 2021, malam.

Dilansir Kompas.com, Kapolres Bogor mengatakan bahwa bau tersebut terjadi karena ada kerusakan pada mesin penyedot pabrik limbah sehingga terdapat debu yang keluar dan mengeluarkan bau seperti bangkai dan gas.

Menurutnya, bau menyengat tersebut dipastikan tidak menimbulkan kebakaran apa pun di sekitar pabrik.

“Ada kerusakan mesin penyedot di PT PPLI, karena alat itulah (mesin) bahan serbuknya mengeluarkan debu dan bau,” tegasnya.

Kapolres Bogor memastikan bahwa pihaknya sudah mengonfirmasikan terkait dampak bau bangkai dan gas yang dirasakan oleh .

Dari keterangan pihak PT PPLI, lanjut dia, bau menyengat yang tercium tersebut tidak berbahaya.

“Menurut Humas PTPPLI itu tidak berbahaya. Yang jelas itu kerusakan mesin penyedot dan akhirnya mengeluarkan debu,” ujarnya.

Dia mengaku bahwa sejauh ini, Polres Bogor sudah mengambil tindakan dengan meminta pihak PT PPLI segera memperbaiki kerusakan tersebut agar tidak menimbulkan kerugian terhadap sekitar.

“Tindakan kami koordinasi dengan perusahaan, meminta perusahaan menjelaskan kepada dan mengamankan dan menjaga kondisi Kamtibmas di lokasi,” tuturnya.

Sebelumnya diperoleh kabar, bau menyengat dan tak sedap tiba-tiba saja dirasakan Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Jumat , 19 Maret 2021, pagi.

Seiring waktu berlalu, bau menyengat itu justru semakin tajam tercium dan masuk ke hampir setiap rumah-rumah milik .

“Baunya sudah dari pagi sampai sekarang (malam), awalnya saya kira memang di rumah saya ada yang bocor gitu,” ungkap Ivon Rahim (45).

Ivon menceritakan, pada hari itu (Jumat, 19 Maret 2021) dia beserta tetangganya sudah mencari-cari sumber bau di setiap sudut rumah.

Bau itu, lanjutnya, memengaruhi psikologi lantaran banyak yang saling mencurigai dan panik sambil mengendus-endus setiap sudut rumah.

Bahkan dirinya sampai memeriksa perabotan rumah hingga tabung gas di dapur lantaran khawatir terjadi sesuatu.

Usut punya usut, ternyata bau gas menyengat itu berasal dari sebuah pabrik PT PPLI di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here