Monday, 20 May 2024
HomeBeritaBogor Mulai Vaksinasi untuk Lansia

Bogor Mulai Vaksinasi untuk Lansia

Bogordaily.net – Kota mulai melakukan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran lanjut usia (lansia), Rabu (17/3/2021). Vaksinasi dengan layanan tanpa turun dari kendaraan (drive thru) dilakukan di seputar jalan di GOR Panjajaran Kota .

Tiap orang yang akan divaksin, dengan menggunakan kendaraan, masuk melalui pintu di Jalan Ahmad Yani dan keluar di Jalan Pemuda.

Pantauan Beritasatu.com di lapangan, tiap kendaraan penerima akan melewati tiga meja penyaringan.

Sejak awal datang, tiap kendaraan penerima akan diberikan dua lembar isian. Berisi data diri hingga riwat penerima . Selanjutnya, lembar isian itu akan diberikan di meja penyaringan kedua. Di sini lah, tiap penerima akan dilakukan wawancara terkait kondisi kesehatan penerima . “Ada beberapa indikator yang ditentukan bagi tiap penerima , harus di bawah poin dua, bila di atas nilai dua berarti tidak lolos skrining. Salah satu indikatornya, tekanan darah,” kata vaksinator Tiur Siregar.

15 Menit

Kata dia, vaksinasi lansia perjalanan atau proses vaksinasi hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan rata-rata setiap meja penyaringan butuh sekitar 3 hingga 5 menit.

“Setelah vaksinasi, perima diminta melakukan observasi sekitar 30 menit. Bila tidak ada efek berlanjut, dipersilakan pulang, jika ada keluhan berat nantinya akan dirujuk ke rumah sakit,” tambah Tiur. Salah satu penerima vaksin, Indra (62) warga Yasmin, Barat menuturkan, layanan drive thru ini sangat membantu karena bagi orang lanjut usia sudah sulit bergerak banyak.

“Lansia ini kan, mah ngapa-ngapain malas. Pengenya duduk. Ya, sangat terbantu, prosesnya cepat sehingga bisa langsung pulang istirahat,” paparnya.

Sumber : beritasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here