Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaBrutal Hingga Mengorbankan 238 Demonstran Tewas , Militer Myanmar Dikepung Negara Tergabung...

Brutal Hingga Mengorbankan 238 Demonstran Tewas , Militer Myanmar Dikepung Negara Tergabung PBB

Bogordaily.net – dikepung desakkan negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa () untuk menghentikan kebrutalan terhadap demonstran antikudeta Aung San Suu Kyi.

Sedikitnya, ada 3 negara anggota di Asia Tenggara yang mulai mengutuk secara resmi aksi brutal terhadap demonstran antikudeta sejak 1 Februari 2021.

Yaitu , Malaysia, dan Singapura melalui presiden, perdana menteri dan menteri luar negerinya.

Dikutip dari Reuters pada Sabtu, 20 Maret 2021, Asia, yang telah bertahun-tahun mematuhi kode untuk tidak mengkritik masalah satu sama lain, juga mulai angkat bicara.

Presiden Indonesia Joko Widodo, dalam beberapa komentar terkuat yang pernah disampaikan oleh seorang pemimpin regional, mengatakan dia akan meminta Brunei, ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), untuk mengadakan pertemuan darurat.

“Indonesia mendesak agar penggunaan kekerasan di Myanmar segera dihentikan agar tidak ada korban lagi,” kata Jokowi dalam pidato virtual, Jumat.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan dia terkejut dengan penggunaan kekerasan mematikan yang terus-menerus terhadap warga sipil tidak bersenjata.

“Kami … tidak bisa melihat negara persaudaraan kami Myanmar menjadi begitu tidak stabil di tangan beberapa orang terpilih, yang berusaha untuk mempromosikan kepentingan pribadi mereka sendiri,” katanya.

Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin mengatakan bahwa ASEAN harus bertindak. Singapura juga telah berbicara menentang kekerasan dan kudeta yang memicunya.

Tetapi militer tidak menunjukkan tanda-tanda akan terpengaruh dan telah mempertahankan pengambilalihannya, yang menggagalkan transisi lambat menuju demokrasi di negara yang berada di bawah pemerintahan militer yang ketat dari kudeta 1962 hingga para jenderal memulai reformasi satu dekade lalu.

Junta mengatakan pemilu 8 November yang dimenangkan Liga Nasional untuk Demokrasi Suu Kyi adalah penipuan dan klaimnya diabaikan oleh komisi pemilihan. Itu telah menjanjikan pemilihan baru tetapi belum menetapkan tanggal.

Suu Kyi, 75, menghadapi tuduhan penyuapan dan kejahatan lain yang membuatnya dilarang dari politik dan dipenjara jika terbukti bersalah.

Pengacaranya mengatakan tuduhan itu dibuat-buat. Peraih Nobel perdamaian, yang telah berkampanye untuk demokrasi di Myanmar selama tiga dekade, ditahan di lokasi yang dirahasiakan.

Kutukan negara-negara anggota maupun barat makin sengit ketika seorang penduduk dan media melaporkan, ada pria muda ditembak dan dibunuh di salah satu lingkungan paling bergolak di kota utama Yangon.

Menurut penghitungan oleh Asosiasi Bantuan untuk politik.Jumlah korban tewas sejak kudeta 1 Februari kini telah menjadi 238.

Pertumpahan darah tidak memadamkan kebencian publik atas kembalinya kekuasaan militer dan kemarahan atas penggulingan pemerintah terpilih dan penahanan pemimpinnya, Aung San Suu Kyi.kity

Tetapi beberapa aktivis mengatakan mereka harus menyesuaikan taktik.

“Kami memprotes di mana tidak ada polisi atau militer, kemudian ketika kami mendengar mereka datang, kami segera bubar,” kata juru kampanye Kyaw Min Htike kepada Reuters dari Dawei di selatan sebelum dia dan yang lainnya menggelar unjuk rasa singkat di luar pusat kota.

“Saya tidak ingin kehilangan satu pun dari rekan saya, tetapi kami akan memprotes sebisa kami sampai revolusi kami menang.”

Beberapa kelompok berkumpul di malam hari dengan lilin dan plakat, kemudian melebur usai berfoto.

Orang-orang juga menggelar protes “tak berawak”, dengan deretan plakat dengan pesan seperti “Kita tidak akan pernah berhenti sampai kita mendapatkan demokrasi” dipasang di jalan.

Pada hari Sabtu, puluhan pengunjuk rasa berkumpul di kota kedua Mandalay. Beberapa orang terluka ketika sebuah kendaraan menabrak mereka dan ketika polisi menembakkan peluru karet, sebuah portal berita kota melaporkan.

Tidak jelas mengapa kendaraan itu menabrak para pengunjuk rasa.

Ada protes kecil di kota-kota lain, termasuk Kyaukme dan Hsipaw di timur laut, Kawlin di utara, Hpa-an dan Myawaddy di timur.

Labutta di delta sungai Irrawaddy, Myeik di selatan dan pusat kota Yay Oo, menurut ke portal berita dan gambar media sosial.

Ratusan orang berbaris di kota Monywa dan membakar salinan konstitusi 2008, yang dirancang di bawah pengawasan militer dan membatasi kekuasaan warga sipil terpilih, portal berita Irrawaddy melaporkan.

Sekretaris Jenderal Antonio Guterres pada hari Jumat mengutuk apa yang dia sebut sebagai kekerasan brutal militer yang terus berlanjut. Sebuah “tanggapan internasional yang tegas dan terpadu” sangat dibutuhkan, juru bicaranya mengutip perkataannya.

Pelapor Tom Andrews menyerukan sanksi sebagai tanggapan atas serangan “kejam” para jenderal terhadap orang-orang. “Dunia harus merespons dengan memotong akses mereka ke uang dan senjata. Sekarang, ”tulisnya di Twitter.

Dewan Perwakilan Rakyat AS menyetujui undang-undang yang mengutuk kudeta, dan anggota parlemen mengecam taktik yang semakin keras terhadap para demonstran.

Pihak berwenang telah memperketat pembatasan pada layanan internet, membuat informasi semakin sulit untuk diverifikasi, dan menekan media pribadi.

Facebook telah melarang semua halaman yang terkait dengan militer karena pedoman menghasut kekerasan. Pada hari Sabtu, Twitter mengatakan telah menangguhkan halaman kementerian informasi di bawah “manipulasi platform dan kebijakan spam” perusahaan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here