Monday, 20 May 2024
HomeKota BogorElly Yasin Inginkan Pemerintah Fokus pada Industri Kecil

Elly Yasin Inginkan Pemerintah Fokus pada Industri Kecil

Bogordaily.net – Miliki pertumbuhan secara signifikan, Anggota Komisi VI DPR RI Elly Yasin inginkan fokus pada .

Hal tersebut dikatakannya pada pelatihan wirausaha baru bagi pada Senin 8 Maret 2021.

“Jumlah menengah di Indonesia pada 2019 mencapai 46 juta. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa, telah terjadi pertumbuhan 17 persen setiap tahunnya,” jelas Elly dikutip dari kanal berita.

Ia menambahkan, hal ini penting karena sektor ini mampu menyerap tenaga kerja cukup banyak hingga 10,8 juta orang, dengan nilai produksi lebih dari Rp 1 triliun di tahun 2019.

Selain itu, sektor juga berperan penting menopang industri skala menengah dan besar.

“Saat ini, kita menghadapi dua tantangan besar. Pertama, tantangan menghadapi pandemi covid-19. Sejak pandemi covid-19 melanda, tepat satu tahun lalu hingga kini menyebabkan tidak sedikit yang gulung tikar. Tantangan kedua, Indonesia telah memasuki era industri 4.0. Yaitu era revolusi industri keempat yang serba digital dan super cepat,” jelasnya.

Revolusi industri kedua atau 2.0 dikenal sebagai revolusi teknologi dengan tenaga listrik di awal abad ke-20, yang ditandai dengan kemunculan pabrik-pabrik di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Era ini melahirkan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dan lainnya yang mengubah wajah dunia secara signifikan.

“Lalu revolusi indusri ketiga atau 3.0 ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet. Kompetisi di dunia industri semakin ketat, bahkan menciptakan waktu dan ruang tidak lagi berjarak,” katanya.

Menurut Elly, revolusi industri terus bergerak, kejamnya persaingan manusia versus mesin dan komputer tidak berhenti di sini.

Masih ada revolusi industri generasi keempat atau 4.0, dan kini hadir begitu cepat serta mengancam keberadaan industri besar yang konvensional, di negara manapun.

“Era industri 4.0 ini telah menelan banyak korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa, yang tidak mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang serba cepat,” tambahnya.

Elly menyatakan, Indonesia memiliki 10 prioritas program dalam menangkap era industri 4.0, salah satunya yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang berpengetahuan dan terampil.

“Mari bangkitkan kembali kiprah industri kuliner dan pariwisata di Bogor. Jika ada kemauaan, pasti ada jalan pembiayaan. Saya harap fokus pada ini,” harapnya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here