Tuesday, 30 April 2024
HomeKota BogorGLN Kota Bogor Review Buku “Positif” Bima Arya

GLN Kota Bogor Review Buku “Positif” Bima Arya

Bogordaily.net – Lomba Review Buku “Positif” Bima Arya dan Kota Bogor berhasil diselenggarakan pada Sabtu, 27 Maret 2021.

Kegiatan yang bertema “Bogor Berlari dengan Literasi” ini digagas oleh Guru Penggerak (GLN) Kota Bogor, yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Juga didukung oleh GLN Gareulis Jawa Barat, Bank BJB, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bogor, dan Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) serta para donatur lainnya.

Dalam acara ini, adapun beberapa tokoh masyarakat yang memberi sambutan seperti Kadis Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bogor, Agung Prihatno, dan Ketua GLN Gareulis Jabar, Yulia Yulianti.

Serta dihadiri juga oleh Sekdis Pendidikan Kota Bogor, Dani Rahardian, Kasi Pendidikan, Yosef Berliana, dan Sekdis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bogor, Dudi Fitri Susandi.

Lomba Review Buku “Positif” Bima Arya dan Kota Bogor diikuti 19 perwakilan sekolah yaitu SDIT Insantama, SDN Lawang Gintung 2, SMP Rimba Madya, SMPN 3 Bogor, SMPN 7 Bogor.

Kemudian, SMPN 4 Kota Bogor, SMPN 5 Kota Bogor, SMPN 11 Kota Bogor, SMPN 1 Kota Bogor, SMPIT Insantama, SMPN 13 Kota Bogor, SMPN 12 Bogor, SMPN 20 Bogor.

Lalu, SMPN 8 Kota Bogor, SMPN 2 Bogor, SMPN 6 Bogor, SMAN 4 Bogor, SMAN 5 Bogor dan SMAN 10 Kota Bogor.

Kegiatan review ini menghadirkan 146 orang dalam zoom meeting, melalui 2 tahapan lomba.

Tahap penyisihan berupa pengumpulan naskah dan video review buku, selanjutnya ditahap final yaitu hari ini dilakukan tanya jawab bersama tim juri.

Juri dalam lomba ini menghadirkan para master literasi yaitu Esep Muhammad Zaini, Eka Wardana dan Catur Nurrochman Oktavian.

Review buku
Perserta Lomba Review Buku “Positif” Bima Arya dan Kota Bogor pada Sabtu, 27 Maret 2021. (Istimewa/Bogordaily.net)

Guru Penggerak GLN Kota Bogor Popon Rohaeti, guru SMP Negeri 8 Kota Bogor menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka turut menggairahkan gerakan literasi di Kota Bogor, dan juga menarik keterlibatan semua pihak.

“Salah satu kegiatan yang kami agendakan adalah Lomba Review Buku “Positif” yang ditulis oleh Walikota Bogor, Dr. Bima Arya Sugiarto. Alasan memilih buku ini, bahwa penulis adalah Walikota Bogor sebagai teladan literasi, apalagi Pak Bima Arya ketika menulis buku tersebut dalam kondisi sakit terpapar Covid-19. Namun beliau tetap menunjukkan semangatnya, bahkan memotivasi semua pembaca melalui buku yang ditulisnya itu,” kata Popon.

Ia juga menambahkan, kedua sosok tokoh di Kota Bogor ini yang merupakan pasangan, sangat diperhatikan masyarakat karena minat literasinya.

“Selain itu, gerakan literasi di Kota Bogor menjadi bagian dari jiwa pasangan suami istri Walikota Bogor. Bunda Literasi yang disematkan kepada istri Walikota Bogor, Yane Ardian, bukanlah isapan jempol belaka. Sosok Bunda Literasi itu layak disandang oleh Bu Yane. Perhatian dan minat literasi kedua sosok ini begitu menginspirasi semua kalangan, khususnya warga Kota Bogor. Dan alhamdulillah beliau berdua bisa hadir melalui video sambutannya”, tambah Popon.

Trisno Widodo, Pengawas SMP Kota Bogor yang juga Ketua Pelaksana Lomba Review Buku “Positif” Bima Arya dan Launching Buku Puisi Siswa GLN Kota Bogor ini menjelaskan tujuan kegiatan ini.

“Terpenting membuat seseorang bisa berpikir kritis, memperkuat nilai kepribadian, terutama mengasah daya ingat, melatih keterampilan membaca dan menulis, serta menambah rasa percaya diri,” ucap Trisno.

Selain itu, kegiatan hari ini sekaligus peluncuran Buku Antologi Siswa GLS Kota Bogor, dalam rangka mewadahi kreativitas literasi.

Dan Juga sebagai bentuk apresiasi terhadap karya literasi dan terutama memacu motivasi siswa, untuk tetap bergiat dalam berbagai karya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here