Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaKabar Baik Buat Perajin Tahu Tempe, Harga Kedelai Stabil Rp9.500 Bulan Maret...

Kabar Baik Buat Perajin Tahu Tempe, Harga Kedelai Stabil Rp9.500 Bulan Maret Ini

Bogordaily.net Perdagangan Dalam Negeri (PDN) mengatakan, harga kedelai impor perajin tahu stabil pada kisaran harga pada Bulan Maret 2021. Kondisi harga ini masih bisa terjaga di tengah masih naiknya harga kedelai di pasar dunia.
Syailendra mengatakan, harga tahu masih terus stabil di kisaran Rp650 per potong dan harga di kisaran Rp16.000 per kg, sebab itu, tidak ada kenaikan harga komoditas ini di pasaran.
“Meskipun saat ini terjadi sedikit kenaikan harga kedelai dunia, Kementerian Perdagangan menjamin stok kedelai penyediaan bulan Maret 2021 masih cukup,” ucapnya yang dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 2 Maret 2021.
Harga kedelai dunia untuk penyediaan Februari 2021 masih berada di kisaran US$13,71 per bushels dan untuk penyediaan Maret, naik 0,8 persen menjadi US$13,82 per bushels bulan ini, itu berdasarkan data Chicago Board of Trade (CBOT),
Sementara itu, Syailendra menyampaikan, hal tersebut berdampak pada penyesuaian harga tahu dan di pasar yang naik menjadi rata-rata 20 persen, sejak paruh kedua tahun lalu harga kedelai dunia mulai merangkak naik hingga hampir 30 persen.
“Penyesuaian harga tahu dan di pasar merupakan dampak dari adanya kenaikan harga kedelai dunia karena mayoritas kebutuhan kedelai di Indonesia masih dipenuhi oleh impor,” tegasnya.
Ia mengimbau untuk para importir yang memiliki stok kedelai untuk terus memasok kedelai secara rutin kepada seluruh perajin tahu dan termasuk anggota Gabungan Koperasi Tahu Indonesia (Gakoptindo).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here