Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorKPAD Kabupaten Bogor Sambangi Kantor Camat Dramaga

KPAD Kabupaten Bogor Sambangi Kantor Camat Dramaga

Bogordaily.net – Menindaklanjuti dugaan kasus kekerasan seksual di wilayah Kecamatan Dramaga, yang diadukan ke (KPAD) Kabupaten Bogor, Wakil Ketua KPAD Kab. Bogor Waspada, S.Ag, MM melakukan kunjungan ke Kecamatan Dramaga.

Kunjungan tersebut sekaligus koordinasi dengan , Ivan Pramudia, Ketua PGRI Dramaga, Kepala Desa Sinar Mukti, Kepala SDN Neglasari dan beberapa pihak termasuk keluarga dan PH korban.

Mengawali sambutannya Waspada menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Bupati Bogor, Ibu Ade Yasin, yang telah membentuk KPAD Kabupaten Bogor dengan proses seleksi yang cukup panjang dan dilantik pada bulan November 2020.

“Apresiasi ini sangat penting bagi kami dan juga masyarakat Bogor, karena semangat masyarakat untuk membentuk KPAD ini sudah berawal dari 2014, dan baru terwujud ketika Bupatinya Ibu Hj. Ade Yasin,” ungkap Waspada.

Waspada menyampaikan bahwa KPAD akan mengawal dan mengawasi kasus dugaan kekerasan dalam bentuk apapun, termasuk kekersan seksual yang diadukan ke KPAD, atau yang terungkap melalui media masa.

Terkait kasus dugaan dgn korban A (15) yang diadukan ke KPAD. Waspada menegaskan, kasus ini harus segera diproses secara hukum, apalagi korbannya sudah jelas dan pelakunya juga sudah mengakui.

“Apalagi dugaan kekerasan ini pelakunya adalah orang dewasa, maka saya selaku Wakil Ketua KPAD berharap Aparat Penegak Hukum (APH) segera bertindak tegas dengan menangkap pelakunya,” harap Waspada.

Komisi Perlindungan Anak Daerah
Kab Bogor datangi Kantor Kecamatan Dramaga terkait kasus pada anak. (Istimewa/Bogordaily.net)

Dalam kesempatan itu Waspada mengajak semua pihak memiliki persepektif Perlindungan Anak, Pasal 20 UU PA mengamanatkan bahwa Negara, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Masyarakat.

Keluarga dan Orang Tua wajib memberikan Perlindungan Anak, untuk itu KPAD siap bersinergi dengan semua pihak untuk bersama – sama untuk mengupayakan Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak dari segala bentuk kekerasan, tukas Waspada.

Ia mengatakan bahwa KPAD siap jika sewaktu – waktu diundang bersama – sama pihak – pihak terkait untuk mensosialisasikan Pentingnya Perlindungan Anak dan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak.

Waspada yang didampingi dua Komisioner, Asep Saepudin, S.Pd.I dan Wita Hastuti, SE dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Ivan Pramudia.

Karena inisiasinya mengadakan rapat koordinasi dengan para pihak, termasuk menghadirkan KPAD, sebagai respon cepat atas dugaan terjadinya di wilayah Dramaga.

Rapat koordinasi tersebut dimanfaatkan untuk sosialisasi keberadaan KPAD berikut tugas pokok dan fungsinya, dimana salah satu tugas dan fungsinya, menerima pengaduan masyarakat terkait pelanggaran hak-hak anak.

Untuk itu, Waspada menghimbau kepada masyarakat Bogor agar mengadukan ke jika ada dugaan terjadi kekerasan terhadap anak, atau pelanggaran Hak Anak.

“Silahkan masyarakat datang ke KPAD jika ada dugaan terjadi kekerasan dan pelanggaran Hak Anak, gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Bersama – sama kita dukung program Kabupaten Bogor Layak Anak, dengan memberikan Perlindungan Anak secara maksimal,” ujarnya. adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here