Wednesday, 15 May 2024
HomeBeritaPendaftaran Gelombang 16 Prakerja Ditutup, Target 2,4 Juta Peserta Semester 2021 Terpenuhi

Pendaftaran Gelombang 16 Prakerja Ditutup, Target 2,4 Juta Peserta Semester 2021 Terpenuhi

Bogordaily.net – Pendaftaran seleksi kartu Prakerja gelombang 16 resmi pada Minggu, 28 Maret . Kuota untuk semester I prakerja telah terpenuhi sebanyak 2,4 juta.

Pada gelombang ke 16 ini hanya dibuka untuk 300 ribu NIK saja dari gelombang yang sebelumnya adalah 600 ribu NIK. Karena gelombang ini adalah yang terakhir dalam semester I tahun .

Dalam gelombang 16 dibuka hanya 300 ribu NIK untuk melengkapi kuota semester 1 menjadi 2,7 juta peserta yang lolos kartu prakerja.

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengatakan bahwa akan membuka pendaftaran gelombang 17 Kartu Prakerja apabila ada pesertaan yang dicabut dari gelombang 12 hingga 16.

Peserta gelombang 12 hingga 16 bisa dicabut dari kepesertaannya di kartu prakerja apabila tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Jika ada yang melakukan hal tersebut maka gelombang 17 Kartu Prakerja akan dibuka dengan menunggu hingga masa pembelian pelatihan Prakerja gelombang 16 berakhir.

Pada rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI pada Rabu 27 Januari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pada tahun tahun ini, pemerintah menaikkan anggaran untuk Program Kartu Prakerja menjadi Rp 20 triliun.

Jumlah tersebut meningkat 100 persen atau dua kali lipat apabila dibandingkan dengan anggaran awal pada APBN sebesar Rp 10 triliun.

“Bapak Presiden memutuskan, program Prakerja dinaikkan dua kali lipat, jadi tadinya Rp 10 triliun tahun ini supaya disamakan dengan tahun lalu menjadi Rp 20 triliun, jadi kita tambahkan Rp 10 triliun,” tutur Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here