Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaDrastis, Satu Tahun Pandemi Covid-19, Penganguran di Cianjur Bertambah 25.891 Orang

Drastis, Satu Tahun Pandemi Covid-19, Penganguran di Cianjur Bertambah 25.891 Orang

Bogordaily.net Selama satu tahun Pandemi , penganguran di bertambah sebanyak 25.891 orang.  Data menunjukan pada 2020 penganguran meningkat drastis 1,21 persen dari 2019.

Data Penganguran di tersebut diungkap Badan Statitik Pusat Statistik (BPS) Cianjur hasil analisa selama satu tahun pandemi .

Angka di Cianjur yang sebelumnya 105.125 menjadi 131.016 orang.

“Angka tersebut cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, dimana pemerintah daerah sempat berusaha menurunkan angka dengan membuka berbagai lapangan pekerjaan termasuk memberikan izin sejumlah perusahaan besar berdiri di Cianjur,” ujar Kasi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Cianjur, Warji Permana, Jumat, 5 Maret 2021.

Warji pun menyebut, ada banyak faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah di Cianjur.

“Seperti PHK besar-besaran akibat perusahaan menghentikan produksi, angka kunjungan wisatawan menurun tajam, hingga sektor usaha kecil menengah sepi pesanan,” katanya.

Namun, kata Warji, peningkatan terjadi di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Sementara itu Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardhi mengatakan naiknya angka di Cianjur karena imbas dari pendemi .

Itu membuat sebagian besar pekerja banyak yang dirumahkan karena perusahaan tidak dapat berproduksi.

Hal itu karena berbagai hal termasuk terhentinya bahan baku.

Rizky mengatakan faktor lainnya, akibat pertumbuhan angkatan kerja tidak sebanding dengan kesempatan kerja yang ada.

Pemerintah daerah, saat ini sedang berusaha mengatasi hal tersebut dengan cara memperluas kesempatan kerja bagi pancari kerja.

“Pemerintah daerah, saat ini tengah meningkatkan hubungan kerja industrial yang kondusif dan harmonis sehingga bisa meminimalisir perselisihan antara pihak perusahaan dan karyawan. Bahkan pemerintah juga tengah menyiapkan berbagai kemudahan untuk investor guna berinvestasi di Cianjur,”ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here