Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaShin Tae-yong Positif COVID-19, Kemenpora Baru Tahu dari Media

Shin Tae-yong Positif COVID-19, Kemenpora Baru Tahu dari Media

Bogordaily.net – Kemenpora melalui Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, memberikan respons atas kasus COVID-19 pelatih Timnas Indonesia . Pihaknya baru tahu dari media.

terkonfirmasi COVID-19, Jumat (19/3/2021). Ia mengalami berbagai gejala seperti demam dan kehilangan nafsu makan pada dua pekan terakhir.

Dalam laporan Yonhap, pelatih asal Korea Selatan itu tertular dari para staf pelatihnya. Dimulai dari pelatih kiper Yoo Jae-hoon yang pertama kali terkena pada 5 Maret, kemudian pelatih fisik Lee-Jae-hong yang mengalami serupa pada dua hari berikutnya. Termasuk juga Woo Jae-kim dan Kim Ha-eun.

Gatot mengaku baru mengetahui kabar tersebut dari media. Sampai saat ini PSSI belum ada laporan ke pihaknya.

“Tapi apakah Ketum PSSI sudah lapor ke Pak Menteri saya juga tidak tahu. Semoga segera sembuh,” kata Gatot kepada detikSport, Selasa (23/3/2021).

Dia juga memuji keterbukaan PSSI meskipun sempat lebih dulu dibantah oleh induk federasi sepakbola nasional tersebut.

“Artinya sudah ada kemajuan sedikit. Tetapi untuk yang lain-lain semoga tidak terjadi claster baru. Karena sejauh yang saya ketahui, dia () itu disiplinnya keras, langsung mengasingkan diri. Kalau tak salah pihak kedutaan ikut turun meng-handle . Meskipun begitu sudah ada keterbukaan (dari PSSI) walaupun sempat dibantah,” ujarnya.

Bagaimanapun, Gatot tak melupakan kejadian ketika waktu pertama kali ada pengecekan kepada pemain Timnas, kemudian ada yang terpapar, tapi PSSI tak kunjung terbuka.

“Makanya saya sempat bilang PSSI seharusnya belajar dari basket. Mereka itu terbuka, hari pertama IBL ada yang kena, mereka sudah bicara, siapa, klub mana yang kena.”

Sehubungan itu, Gatot berharap PSSI bisa segera melakukan pelacakan tentang kemungkinan-kemungkinan terdampak pada pemain. Terlebih, adanya kasus di kalangan tim pelatih Shin sudah terjadi sejak 5 dan 7 Maret lalu.

“Sejauh ini karena tak ada laporan kita tak tahu. Tapi yang saya ketahui biasanya data yang terpapar, cepat atau lambat akan diketahui karena data itu terkoneksi satu sama lain. Jadi poinnya ditutupi apapun cepat atau lambat pasti diketahui,” dia mengungkapkan.

“Saya hanya berharap pertama meskipun sempat dibantah untuk case Shin tapi sudah terbuka. Yang kedua, tempo hari pemerintah sudah membantu serius untuk mulai bantu perizinan Piala Menpora, ibaratnya tak mungkin tanpa campur tangan Pak Menteri.”

“Lalu juga dengan adanya vaksinasi artinya pemerintah sudah tak kurang-kurangnya untuk memback-up masalah . Sebaliknya PSSI harus lebih terbuka. Kalau tidak terbuka percuma,” Gatot menegaskan.

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here