Saturday, 20 April 2024
HomeBerita5 Cara Mengurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

5 Cara Mengurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

Bogordaily.net – Saat berpuasa masalah cukup mengganggu dan terkadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri ketika akan berbicara dengan orang lain.

Hal ini karena saat berpuasa kita tidak makan atau minum untuk dikunyah dan diproses dalam mulut untuk waktu yang lama makan produksi air liur berkurang.

Air liur secara alami berfungsi untuk membantu membersihkan sisa makanan yang tertinggal di runggo mulut. Kurangnya produksi air liur menyebabkan mulut kering yang akhirnya dapat menimbulkan .

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa tips untuk menghilangkan selama berpuasa

1. Sikat gigi

Hal yang paling mudah adalah menyikat gigi setelah sahur, sikat gigi secara berar dan menyeluruh dapat mencegah sisa makanan menyangkut di sela-sela gigi dan pastikan memilih pasta gigi yang bersifat anti bakteri.

2. Berkumur dengan Mouthwash

Sikat gigi saja ternyata tidak cukup untuk mengatasi ketika berpuasa, menggunakan mouthwash efektif untuk membantu mengurangi bakteri yang masih ada di sela-sela area yang sulit dijankau oleh sikat gigi.

Selain itu, mouthwash menandung bahan yang dapat membuat napas lebih segar, jika tidak mempunyai mouthwash bisa berkumur dengan air garam yang memiliki manfaat sebagai agen bakteri alami yang dapat membunuh bakteri penyebab .

3. Bersihkan lidah

Kebanyakan orang belum tahu bahwa lidah merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri, maka dari itu jangan lupa bersihkan dengan alat pembersih lidah yang harus selalu dijaga kehigenisannya.

4. Minum banyak air

Saat berbuka, sebelum tidur maupun saat sahut dianjurkan untuk banyak minum air putih, agar asupan air dalam tubuh tercukupi hindari minuman yang manis.

5. Konsumsi buah dan sayuran

Saat berpuasa cobalah konsumsi makanan sehat dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Karena buah dan sayuran juga mengandung air yang dapat meningkatkan produksi air liur.

Dan hindari makanan yan memiliki bau menyengat saat sahur seperti bawang bombay, bawang putih, jengkol atau pete.

6. Hindari merokok

Saat berpuasa disarankan untuk tidak merokok, karena rokok memiliki kandungan tembakau yang juga dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here