5 Tips Membangunkan Anak Saat Sahur Selama Puasa Bulan Ramadan

  • Whatsapp
Anak tidur. (Dok. Parentingcoid).

Bogordaily.net – Banyak yang merasa bingung, bagaimana cara yang efektif membangunkan anak sahur agar tak khawatir mengajak berpuasa selama Bulan Ramadan.

Sebab, jika dilakukan dengan terpaksa, anak-anak tidak akan memahami makna berpuasa dengan benar. Lantas bagaimana cara membangunkan anak agar tak melewatkan puasa?

Dikutip dari kanal Youtube Grid Kids, berikut tips untuk anak mudah bangun untuk sahur:

1. Taruh alarm jauh dari anak.

Alarm sebaiknya diletakkan jauh dari tempat tidur anak, mungkin hal ini dilakukan agar anak tidak mudah mematikan alarmnya.

Karena anak akan berusaha mematikan alarm dengan berjalan menuju alarm hal ini bisa membangunkan anak lebih cepat saat sahur.

Baca Juga  Perbedaan Waktu Puasa di Dunia, Ada Yang Sampai 20 Jam

2. Hindari minuman yang mengandung kafein.

Kedua hindari anak meminum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh yang mengandung kafein yang bisa membuat anak sulit tidur.

3. Minta bantuan orang lain.

Selanjutnya yang ketiga jika anak memang sulit terbangun sendiri saat sahur. Orang tua sebaiknya membantu membangunkan, sebab, siapa saja yang bangun saat sahur dapat membantu membangunkan anak saat sahur.

4. Jangan makan manis.

Keempat makan terlalu banyak, karena bisa membuat seseorang mudah tidur, makan makanan manis akan membuat anak sulit tidur. Di sarankan bagi orang tua jangan biarkan anak terlalu banyak makan makanan manis saat berbuka.

Baca Juga  Hasil Sidang Isbat 2016 : Awal Ramadhan 1437 H Jatuh Pada Hari Senin 6/6/16

Hal ini akan memungkinkan anak terlambat bangun saat sahur.

5. Jangan tidur dekat handphone.

Kemudian yang terakhir menaruh handphone dekat anak saat tidur saat menganggu. Karena, hal tersebut akan membuat anak tidak kunjung tidur.

Ini mungkin anak cenderung memilih bermain handphone sebelum tidur. Hal ini akan memungkinkan anak susah bangun saat waktu sahur.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *