Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBerpotensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Indonesia Pekan Ini

Berpotensi Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Indonesia Pekan Ini

Bogordaily.net- Jika Anda akan merencanakan perjalanan jauh dalam pekan ini, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu daftar wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem, seperti hingga gelombang tinggi, sepekan ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat agar mewaspadai adanya potensi di sejumlah wilayah dalam sepekan ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan bahwa sejumlah dinamika atmosfer berpengaruh besar meningkatkan dalam sepekan ke depan.

Hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral.

“Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian wilayah bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan,” kata Guswanto dikutip dari kompascom.

Tidak hanya itu, bibit siklon tropis 90S di Samudera Hindia barat daya Sumatera dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawi, Nusa Tenggara Timur juga secara tidak langsung berkontribusi cukup signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan.

Kondisi-kondisi dinamika atmosfer inilah yang mendorong peningkatan kecepatan angin, pertumbuhan awan hujan serta peningkatan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan . Sehingga, beberapa wilayah di berpotensi mengalami , diprediksikan terjadi hujan intensitas sedang, lebat, sangat lebat, angin kencang hingga gelombang tinggi dalam sepekan ke depan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here