Kenali Efek Setelah Vaksin Covid-19 Bersama RSUD Channel

  • Whatsapp
Rsud channel
dr. Nelwan Filipus Tando Dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Saat ini indonesia sedang dalam proses vaksin, yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara bertahap.

Pemerintah Indonesia mewajibkan masyarakatnya untuk vaksin, guna tercapainya Herd Immunity, apabila populasi masyrakat sudah 70% menjalani vaksin.

Adanya kewajiban vaksin untuk membuat banyak masyarakat, yang belum paham akan pentingnya vaksin, efek, serta manfaat dan lainnya.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor dalam Youtube channelnya, memberikan pengetahuan tentang efek, manfaat serta pentingnya vaksin agar masyarakat bisa paham, mengapa vaksin di wajibkan.

dr. Nelwan Filipus Tando mengatakan,  banyak masyarakat yang menolak, atau ragu dalam menerima vaksinasi.

“Seperti yang kita ketahui diluar sana masyarakat banyak yang masih tidak paham, ragu-ragu, bahkan menolak untuk di vaksin. Namun, sebenarnya vaksin tersebut memiliki sangat banyak manfaat,” ucapnya di RSUD channel.

Baca Juga  Masya Allah, 375 Santri di Tasikmalaya Positif Covid-19

Padahal, menurutnya vaksin pun memiliki segudang manfaat, salah satunya tidak hanya melindungi diri sendiri dari virus Covid-19 , akan tetapi bisa melindungi orang lain dari virus Covid-19.

“Tidak hanya untuk melindungi, manfaat lain dari vaksin ialah untuk menurunkan angka laju penularan, karena penularan pada Covid-19 sangatlah cepat,” ungkapnya.

dr. Nelwan Filipus Tando menambahkan, proses vaksin ini tentunya memiliki efek setelah di vaksin atau disebut dengan Reaksi Pasca Vaksinasi.

Reaksi atau efek yang muncul pun biasanya reaksi lokal maupun sistemik.

“Reaksi lokal biasanya terjadi seperti memar, nyeri, bengkak di sekitar tempat suntikan. Sedangkan untuk reaksi sistemik seperti demam, pusing, mual, sakit kepala, diare,” ujarnya.

Baca Juga  Upaya Satgas Menekan Angka Kematian Pasien COVID-19 di Indonesia

Namun dengan adanya efek tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir dengan efek yang terjadi.

Seharusnya masyarakat lebih bisa mengambil manfaat apa, yang di dapatkan setelah di vaksin.

Nelwan mengatakan, untuk efek yang dirasakan sangatlah parah seperti demam terus menerus,

Alangkah sebaiknya dibawa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan jika ada efek serius, namun jika hanya efek yang tidak terus-menerus maka bisa ditangani sendiri.

“Kalau efek yang dirasakan berlebih silahkan diperiksa ke dokter takutnya ada faktor lain, namun jika hanya nyeri, bengkak itu tanda vaksin nya bekerja,” ucapnya.

Untuk informasi kesehatan, tips, manfaat dan efek lainnya bisa saksikan di RSUD Channel. Adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *