Friday, 26 April 2024
HomeNasionalKronologi Hilangnya Kontak Kapal Selam KRI Nanggala

Kronologi Hilangnya Kontak Kapal Selam KRI Nanggala

Bogordaily.net KRI Nanggala-402 milik di perairan , saat melakukan latihan pada Rabu 21 April 2021.

Nanggala adalah buatan Jerman tahun 1979, yang merupakan satu dari lima TNI AL yang sedang menjalani uji coba latihan, dan ini menjadi pertama di Indonesia yang hilang.

Berdasarkan keterangan TNI AL, dalam kapal selam tersebut terdapat 53 awak yang terdiri atas 49 anak buah kapal, 1 komandan satuan, 3 personel arsenal. Letkol Laut (P) Geri Octavian yang mengoperasikan kapal tersebut.

Menurut laporan, kapal tersebut mulai menyelam pada Rabu 21 April 2021 dini hari, setelah kehilangan kontak TNI AL segera melakukan pencarian dengan menggunakan sonar aktif, di perairan disekitr lokasi penyelaman.

Pencarian dilakukan dengan KRI Gusti Ngurah Rai (GNR-332) dan KRI Diponegoro (DPN-365), mengunakan metode Cordon 2000 Yard dan hasilnya nihil.

Setalah itu dilakukan pantauan udara dengan helikopter pada pukul 07.00 WIB dan dari sana terlihat tumpahan minyak, di sekitar lokasi penyelaman KRI Nanggala.

Tumpahan minyak tersebut diduga karena adanya kerusakan di tangki BBM kapal Nanggala, akibat adanya tekanan air taut atau untuk pemberian sinyal posisi KRI buatan Jerman itu.

Saat ini diduga kapal selam ada di kedalaman 600-700 meter yang mana melebihi kemampuan kapal, yang maksimal kedalaman penyelamannya 500 meter.

Kapal pun diduga mengalami black out saat melakukan penyelaman statis, sehingga menyababkan hilang kendali dan akhirnya .

Diketahui bahwa Kapal Selam Nanggala-402 sudah banyak lakukan berbagai penugasan, yakni terlibat pada latihan bersama dengan US Navy, dan mendapat nama sandi Coorperation Afloat Readiness and Training/CARAT-8/02 yang dilaksanakan 27 Mei-3 Juni 2002 lalu di perairan Laut Jawa, dan Selat .

Kapal selam buatan Jerman ini pun pernah terlibat dalam Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) XV/04 di Samudera Hindia pada 8 April hingga 2 Mei 2004.

KRI Nanggala-402 berhasil menenggelamkan eks KRI Rakata, sebuah kapal tunda samudera buatan 1942 dengan Torpedo SUT. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here